Film  

Wasit Vietnam vs Malaysia Dinilai Buruk, FAM Kirim Surat Protes ke AFF

FAM kirim surat resmi kepada AFF setelah merasa dirugikan wasit asal Jepang Ryuji Sato pada laga Vietnam vs Malaysia di Piala AFF 2022.

Jakarta, CNN Indonesia

Persatuan Sepak Bola Malaysia (FAM) mengirimkan surat resmi kepada Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) setelah merasa dirugikan atas kepemimpinan wasit asal Jepang Ryuji Sato pada laga Vietnam vs Malaysia di Piala AFF 2022.

Surat protes tersebut dikirimkan oleh FAM kepada AFF pada Kamis (29/12) sore. Kabar ini disampaikan FAM melalui Instagram resmi milik mereka.

“Persatuan Sepak Bola Malaysia [FAM] mengirimkan surat resmi kepada Federasi Sepak Bola ASEAN [AFF] terkait kualitas wasit pada laga Grup B Piala AFF 2022, Vietnam vs Malaysia di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa, 27 Desember 2022,” tulis FAM mengumumkan.

FAM mengungkapkan langkah ini mereka lakukan setelah mendapatkan masukan dari Komite Evaluasi Wasit FAM yang telah mengkaji video kepemimpinan wasit asal Jepang Ryuji Sato di laga Vietnam vs Malaysia.

“Tindakan itu diambil setelah Sekjen FAM mendapatkan pendapat Komite Evaluasi Wasit FAM yang diketuai Wakil Presiden FAM, Dato’ S. Sivasundaram yang membahas dan menelaah video beberapa kejadian sepanjang pertandingan,” tulis FAM.

“Menyusul itu, surat resmi yang menyatakan ketidakpuasan FAM atas tindakan dan keputusan wasit dalam pertandingan tersebut telah dikirimkan kepada Sekretaris Jenderal AFF Winston Lee sore ini untuk memastikan tindakan lebih lanjut dapat diambil oleh badan sepak bola Asia Tenggara itu,” tulis FAM melalui surat yang ditandatangani oleh Sekjen FAM, Nur Azman Hj Rahman.

[Gambas:Instagram]

Timnas Malaysia merasa dirugikan atas kepemimpinan wasit Ryuji Sato pada laga Grup B Piala AFF 2022 menghadapi tuan rumah Vietnam.

Dalam laga tersebut wasit asal Jepang itu dinilai membuat beberapa keputusan kontroversial.

Terutama soal penalti Vietnam pada menit ke-62 setelah bek Malaysia Azam Azmi dinilai melakukan pelanggaran terhadap pemain Vietnam Doan Van Hau.

Bukan hanya harus mendapatkan penalti, tetapi Malaysia juga harus kehilangan satu pemainnya yakni Azam Azmi karena mendapatkan kartu merah.

[Gambas:Video CNN]

Kejadian itu berawal ketika Azam berusaha membuang bola yang akan digapai oleh Doan Van Hau. Kemudian Azam mendapat dorongan dari Van Hau hingga kedua pemain terpelanting keluar lapangan.

Saat sama-sama terjatuh di luar lapangan yang berada di samping gawang Malaysia, kaki Azam diduga sengaja mengarah ke wajah pemain Vietnam tersebut. Lantas Azam mendapatkan kartu merah dan wasit memberikan penalti untuk Vietnam.

Malaysia menilai mereka bukan kali ini saja dirugikan Ryuji Sato. Pada Kualifikasi Piala Dunia 2022, Sato juga dianggap membuat keputusan kontroversial yang merugikan Malaysia. Saat itu Sato memberikan penalti kepada Vietnam di 10 menit akhir pertandingan.

(rhr/rhr)









Sumber: www.cnnindonesia.com