Film  

Wasit Final Piala Dunia Mengaku Bikin Satu Kesalahan Rugikan Prancis

Marciniak jadi wasit Polandia pertama yang memimpin pertandingan final Piala Dunia. Dia akan bergabung dengan asisten Pawel Sokolnicki dan Tomasz Listkiewicz.

Jakarta, CNN Indonesia

Wasit final Piala Dunia 2022 Argentina vs Prancis, Szymon Marciniak, mengaku melakukan satu kesalahan yang merugikan Prancis pada laga final di Stadion Lusail, Qatar, 18 Desember lalu.

Marciniak mendapat banyak pujian setelah tampil impresif di final Piala Dunia 2022. Wasit asal Polandia itu membuat sejumlah keputusan penting yang tepat saat Argentina menang adu penalti 4-2 atas Prancis.

Meski mendapat banyak pujian, Marciniak mengakui kinerjanya tidak sempurna. Wasit 41 tahun itu mengaku melakukan satu kesalahan yang merugikan Prancis.

Kesalahan itu terjadi pada menit 90+8 ketika Marcos Acuna melanggar Kingsley Coman saat Prancis melakukan serangan balik. Marciniak mengatakan seharusnya dia menerapkan play-on dan membiarkan Les Bleus melakukan serangan balik sebelum memberi kartu kuning kepada Acuna.

“Tentu saja ada kesalahan di final. Saya menginterupsi serangan balik Prancis setelah tekel buruk dari Marcos Acuna. Saya takut pemain yang dilanggar [Coman] ingin bersantai dulu, dan saya salah membaca situasi, karena tidak ada yang terjadi,” ujar Marciniak dikutip dari Sport.

“Saya seharusnya bisa memberi keuntungan dan kemudian memberi kartu. Itu situasi sulit. Dalam permainan seperti ini, saya mengambil kesalahan seperti itu dalam kegelapan. Yang penting tidak ada kesalahan besar,” ucap Marciniak.

Marciniak juga membalas kritikan media Prancis L’Equipe yang menyebut gol ketiga Argentina yang dicetak Lionel Messi tidak sah karena sejumlah pemain cadangan Tim Tango lebih dulu masuk lapangan untuk melakukan perayaan sebelum gol terjadi.

Marciniak merespons dengan menunjukkan foto sejumlah pemain cadangan Prancis yang juga lebih dulu masuk lapangan sebelum Kylian Mbappe mencetak gol ketiga lewat tendangan penalti.

“[Media] Prancis tidak menyebutkan foto ini, di mana Anda dapat melihat bagaimana ada tujuh orang Prancis di lapangan saat Mbappe mencetak gol [ketiga],” kata Marciniak.

[Gambas:Video CNN]

(har)









Sumber: www.cnnindonesia.com