Film  

Timnas Indonesia Bisa Tiru 3 Cara Thailand Hancurkan Filipina

Timnas Indonesia bisa meniru tiga cara Thailand saat menghancurkan Filipina 4-0 di Piala AFF 2022.

Jakarta, CNN Indonesia

Timnas Indonesia bisa meniru tiga cara Thailand saat menghancurkan Filipina 4-0 di Piala AFF 2022.

Indonesia akan menghadapi Filipina pada pertandingan terakhir Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Rizal Memorial, Manila, pada Senin (2/1) malam.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong dapat mencontoh tiga cara Thailand saat menghancurkan Filipina 4-0 pada pertandingan Grup A Piala AFF 2022 pada Senin (26/12) lalu.

Berikut tiga cara Thailand hancurkan Filipina yang bisa ditiru Indonesia di Piala AFF 2022:

1. Umpan Silang

Thailand sukses mencetak dua gol ke gawang Filipina lewat umpan crossing atau umpan silang.

Strategi umpan crossing dari sisi sayap ini bisa coba diterapkan oleh Indonesia saat melawan Filipina.

Taktik ini bisa dijalankan karena Indonesia punya pengumpan-pengumpan andal seperti Asnawi Mangkualam, Pratama Arhan, Yakob Sayuri, Marc Klok, atau Saddil Ramdani.

Dengan skema umpan silang ini Indonesia bisa memanfaatkan pemain yang punya postur tinggi dan kuat dalam duel udara seperti Ilija Spasojevic atau Ramadhan Sananta.

[Gambas:Video CNN]

2. Aksi Individual

Timnas Thailand juga berhasil membobol gawang Filipina yang berawal dari solo run atau aksi pemain menggiring bola sendirian menuju kotak penalti lawan.

Strategi ini cocok untuk ditiru oleh Timnas Indonesia mengingat Shin Tae Yong memiliki pemain-pemain yang memiliki kecepatan dan kelincahan untuk melewati pemain lawan dengan solo run.

Untuk menjalankan strategi ini Indonesia bisa mengandalkan pemain-pemain cepat dan lincah di lini depan seperti Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, dan Dendy Sulistyawan.

3. Umpan Terobosan

Thailand juga kerap melancarkan serangan yang berbahaya ke jantung pertahanan Filipina lewat through pass atau umpan terobosan.

Gelandang-gelandang Thailand tampak jeli memanfaatkan celah yang terbuka di antara pemain bertahan Filipina yang berdiri di garis akhir pertahanan.

Strategi ini juga bisa coba ditiru oleh Indonesia lewat umpan dari pemain tengah. Apalagi Indonesia juga punya gelandang-gelandang dengan umpan terukur seperti Marc Klok, Syahrian Abimanyu, Saddil Ramdani, atau Marselino Ferdinan.

(rhr/har)









Sumber: www.cnnindonesia.com