Just another website
Indeks
Film  

Rotasi atau Tidak, Coach Shin?

Shin Tae Yong memiliki peluang besar membuat perubahan taktik lewat perombakan susunan pemain di Indonesia U-20 vs Moldova jilid 2.

Jakarta, CNN Indonesia

Timnas Indonesia U-20 akan kembali melawan Moldova U-20 pada laga uji coba di Antalya, Turki, Jumat (4/11).

Di pertemuan jilid kedua kontra Moldova ini, sudah seharusnya menjadi momen Shin Tae Yong mengutak-atik taktik.

Sejauh ini Skuad Garuda Nusantara sudah menjalani tiga laga uji coba selama pemusatan latihan di Turki. Salah satu hal yang menjadi sorotan adalah kecenderungan STY menggunakan pemain yang itu-itu saja dalam pertandingan.

Hanya posisi kiper yang dirotasi Shin Tae Yong. Itu pun karena Cahya Supriadi baru menyusul rekan-rekan setimnya di tengah-tengah TC usai menjalani pemulihan cedera.

Kapten Timnas Indonesia U-20, Muhammad Ferarri selalu tampil penuh sejak laga pertama. Hal serupa juga dialami oleh beberapa pemain lain seperti Hokky Caraka, Marselino Ferdinan, Robi Darwis, dan Kakang Rudianto.

Sementara komposisi pemain pengganti juga monoton karena memasukkan Rabbani Tasnim dan Zanadin Fariz di babak kedua sebagai senjata rahasia untuk mempertajam lini depan.


Akibatnya beberapa nama seperti Aditya Arya, Beri Santoso, dan Arsa Ahmad hanya mendapat menit bermain yang terhitung sedikit. Padahal Shin Tae Yong membawa 35 pemain untuk menjalani program di Turki dan Spanyol.

Pelatih asal Korea Selatan itu blak-blakan enggan memberi jaminan menit bermain untuk seluruh pemain yang dibawa ke Turki. Ia hanya akan membuka peluang bagi pemain untuk turun ke lapangan jika benar-benar siap dan tim sedang butuh tenaga tambahan.

Jika menilik ramuan line-up ala Shin Tae Yong, tampak juru taktik 52 tahun itu ingin membentuk tim yang kompak dan padu dalam menjalankan strategi. Itu juga pernah ia lakukan saat TC sebelumnya jelang Piala Dunia U-20 2021 yang akhirnya ditunda.

Mantan pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut terlihat ingin melakukan formula serupa. Karena itu ia gemar mengandalkan segelintir wajah langganan agar permainan tim di lapangan sesuai dengan rencananya.

Baca kelanjutan berita ini pada halaman berikutnya>>>



Saatnya STY ‘Geser-geser’ Wajah Lama

BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Sumber: www.cnnindonesia.com