Film  

Rivalitas Messi vs Ronaldo Memanas di 2022

Lionel Messi menyebut Piala Dunia 2022 adalah Piala Dunia terakhir dalam kariernya. Namun masih ada sejumlah alasan Messi bisa kembali main di Piala Dunia 2026

Jakarta, CNN Indonesia

Rivalitas Lionel Messi vs Cristiano Ronaldo menjadi salah satu bahan pembicaraan paling panas pada 2022, bahkan hingga usai Piala Dunia Qatar.

Meski keduanya sudah memasuki usia senja rata-rata pesepakbola, pesona Ronaldo dan Messi masih begitu kuat di 2022. Mereka jadi perhatian utama di berbagai ajang yang diikuti.

Ronaldo menghabiskan sebagian besar kalender 2022 sebagai pemain Manchester United, sedangkan Messi di Paris Saint-Germain (PSG). Mereka sama-sama membuat perpindahan mengejutkan pada 2021 lalu ke Old Trafford dan Parc des Princes.

Messi yang menyabet Ballon d’Or ketujuh pada 2021, melewati 2022 lebih apik dibandingkan Ronaldo. Di level klub, La Pulga sudah mencetak 17 gol dan 24 assist dari 37 penampilan per 26 Desember 2022.

Sedangkan Ronaldo mencatat 13 gol dan dua assist dari 34 pertandingan. Ronaldo membukukan dua hattrick tahun ini dan Messi tidak ada sama sekali.

Menyoal trofi di level klub pada 2022, Messi jauh lebih unggul dengan total dua gelar: Ligue 1 dan Trophee des Champions. Sementara Ronaldo tidak memenangkan apapun bersama Man Utd tahun ini meski menorehkan beberapa rekor individu.

Daya tarik Ronaldo dan Messi sangat kuat jelang akhir tahun terutama dengan momen Piala Dunia 2022. Aroma persaingan semakin terasa beberapa hari jelang Piala Dunia 2022 ketika jenama fesyen mewah, Louis Vuitton, mengunggah foto Messi dan Ronaldo sedang bermain catur.

Publik menerjemahkan kampanye yang digelorakan Louis Vuitton adalah penegasan bahwa Ronaldo dan Messi saling pamer kemampuan di pesta sepak bola dunia. Sebab bukan tak mungkin Piala Dunia 2022 akan menjadi yang terakhir bagi keduanya.

[Gambas:Video CNN]

Bagan fase knockout Piala Dunia 2022 bahkan memungkinkan Messi dan Ronaldo bertemu di partai final. Namun yang mampu menginjakkan kaki di laga puncak ternyata hanya Messi.

Bersama timnas Argentina, Messi mencapai titik tertinggi prestasi sepak bola usai menjuarai Piala Dunia 2022. Setelah ditambah torehan trofi Finalissima pada pertengahan tahun, Messi jelas lebih dominan dari Ronaldo pada 2022.

Pembahasan Ronaldo dan Messi diperkirakan belum akan segera berakhir karena keduanya tidak menunjukkan tanda-tanda bakal pensiun dalam waktu dekat.

Messi masih ingin berseragam timnas Argentina dengan status juara dunia, begitu juga Ronaldo yang masih bernafsu bersama timnas Portugal di ajang terdekat.

Ronaldo juga menyita perhatian usai resmi bergabung dengan raksasa Liga Arab Saudi Al Nassr. CR7 disebut mendapat kontrak kerja hingga 2025 dengan nilai 200 juta euro atau lebih dari Rp3,3 triliun per tahun.

Ronaldo bebas menentukan klub berikutnya setelah berpisah dengan MU usai diwawancara Piers Morgan. Namun pemilik lima Ballon d’Or itu masih ingin jual mahal dengan segala pesona yang dimiliki.

Sementara Messi masih berupaya mencapai kejayaan bersama PSG. La Pulga bertekad mempersembahkan gelar Liga Champions pertama untuk Les Parisiens.

(ikw/har)






Sumber: www.cnnindonesia.com