Film  

Rekor Dahsyat Argentina di Semifinal Piala Dunia: 100 Persen ke Final

Lionel Messi tampil impresif dalam laga Argentina vs Australia. Berikut statistik yang menunjukkan Messi tampil gemilang.

Jakarta, CNN Indonesia

Timnas Argentina memiliki rekor fantastis di laga semifinal Piala Dunia sejak kali pertama mengikuti turnamen akbar sepak bola empat tahunan.

Argentina akan menjalani laga semifinal kelima pada ajang Piala Dunia. Sebelumnya Argentina melakoni empat laga perebutan tiket partai puncak tanpa pernah kalah.

Kesempatan pertama Argentina menjalani laga semifinal terjadi pada Piala Dunia pertama yang berlangsung pada 1930. Ketika itu Argentina mengalahkan Amerika Serikat dan kemudian berhadapan dengan Uruguay di final.

Ketika menjadi juara pada Piala Dunia 1978, Argentina tidak melalui babak semifinal karena format Piala Dunia pada waktu itu tidak menggunakan sistem gugur.

Baru pada Piala Dunia 1986, Argentina kembali merasakan atmosfer semifinal. Dalam Piala Dunia yang berlangsung di Meksiko tersebut, Argentina mengalahkan Belgia di semifinal dan berlanjut menumbangkan Jerman Barat pada laga pemungkas.

Empat tahun berselang Argentina kembali melewati adangan babak semifinal. Menghadapi tuan rumah Italia, Argentina kemudian menang adu penalti. Tak seperti empat tahun sebelumnya, Argentina kalah dari Jerman Barat pada laga final.

Butuh waktu 24 tahun buat Argentina menembus babak semifinal lagi. Pada laga semifinal Piala Dunia 2014 Argentina menyudahi perlawanan Belanda. Setelah bermain imbang tanpa gol selama 120 menit, Argentina menang di babak adu penalti.

Argentina gagal menjadi juara karena kalah tipis dari Jerman dalam pertandingan yang berlangsung hingga babak tambahan waktu.

Catatan Argentina di Semifinal Piala Dunia:

Piala Dunia 1930: Argentina 6-1 Amerika Serikat
Piala Dunia 1986: Argentina 2-0 Belgia
Piala Dunia 1990: Argentina (1-1) 4-3 Italia
Piala Dunia 2014: Argentina (0-0) 4-2 Belanda

[Gambas:Video CNN]

(nva/sry)









Sumber: www.cnnindonesia.com