Just another website
Indeks
Film  

Profil Timothy Weah, Putra Presiden Liberia yang Cetak Gol Perdana AS

Meski baru berusia 22 tahun, ia sudah menjadi deret striker muda terbaik AS yang kini bermain untuk klub Liga Prancis Lille FC.

Jakarta, CNN Indonesia

Nama striker timnas Amerika Serikat, Timothy Weah, jadi sorotan usai mengerek gol perdana untuk timnya di Piala Dunia Qatar 2022 saat melawan Wales, Senin (21/11) malam.

Gol semata wayangnya di Ahmad bin Ali Stadium mengundang perhatian lantaran garis keturunannya yang merupakan anak dari pembesar AC Milan, George Weah yang kini menjadi Presiden Liberia.

Pencetak gol pada menit ke-36 itu merupakan pemain anak kandung George Weah. Meski baru berusia 22 tahun, ia sudah menjadi deret striker muda terbaik AS yang kini bermain untuk klub Liga Prancis Lille FC.

Pemain kelahiran Brooklyn, 22 Februari 2000 masih dalam kontrak bersama Lille hingga 2024. Timothy Weah merupakan 26 pemain yang terpilih mewakili Amerika Serikat di Piala Dunia 2022 Qatar.

Darah sepak bola Timothy Weah berhulu dari sang ayah, George Weah, yang pernah mencatatkan diri sebagai peraih Ballon d’Or pada 1995. Sepanjang karier timnas, Weah Jr telah mengantongi 25 caps sejak debut di 2018.

Weah Jr bukan satu-satunya pemain kelahiran Liberia yang dinaturalisasi AS. Pelatih Gregg Berhalter juga memanggil Haji Wright, striker muda dari klub Turki Antalyaspori. Dia juga memboyong pemain berdarah campur Amerika-Ghana, Yunus Musah.

AS bermain imbang 1-1 melawan Wales dalam laga Grup B Piala Dunia 2022 di Stadion Ahmed bin Ali, Al Rayyan, Selasa (22/11) dini hari WIB.

Meski bermain cukup keras, upaya AS untuk mencetak gol berbuah manis pada menit ke-36. Umpan terobosan Christian Pulisic dengan tenang diselesaikan Timothy Weah untuk mengubah skor menjadi 1-0.

Sementara itu, tekanan yang terus dilancarkan Wales akhirnya membuat pertahanan AS membuat kesalahan. The Dragons mendapatkan hadiah penalti setelah Bale dilanggar oleh Walker Zimmerman di kotak 16 pas.

Bale maju sebagai eksekutor dan melepaskan tembakan keras ke pojok kiri gawang yang menggetarkan gawang Matt Turner. Skor pun berubah jadi 1-1 pada menit ke-82 dan bertahan hingga laga bubar.

[Gambas:Video CNN]

(ain/jun)









Sumber: www.cnnindonesia.com