Just another website
Indeks
Film  

Profil Takuma Asano, Pahlawan Jepang yang Diejek Rudiger

Takuma Asano menjadi penentu kemenangan 2-1 Jepang atas Jerman di Piala Dunia 2022.

Jakarta, CNN Indonesia

Takuma Asano menjadi penentu kemenangan 2-1 Jepang atas Jerman di babak penyisihan Grup E Piala Dunia 2022, Rabu (23/11). Berikut profil Takuma Asano.

Jepang sempat tertinggal 0-1 di babak pertama. Pelatih Jepang Hajime Moriyasu pun melakukan perombakan di paruh kedua dengan memasukkan Takuma Asano untuk mengganti Daizen Maeda di menit ke-57.

Permainan Jepang pun lebih dinamis. Usai menyamakan kedudukan di menit ke-75 berkat gol Ritsu Doan, tim Samurai Blue menambah pundi-pundi gol di menit ke-83 usai gol spektakuler Takuma Asano.

Padahal sebelum Asano mencetak gol, dirinya sempat mendapat ‘ejekan’ dari bek Jerman Antonio Rudiger di menit ke-64. Rudiger nampak jingkrak-jingkrak sambil cengar-cengir saat beradu lari dengan Asano.

Menyikapi hal tersebut Asano nampak tidak terpancing emosi. Pengalaman kerasnya kompetisi Eropa membuat Asano mampu merespons candaan pemain lain dengan ketenangan.

Asano lahir Komono, kota kecil di sebelah barat Nagoya, 10 November 1994 lalu. Ia mengawali karier junior di akademi Yokkaichi Chuo Technical pada 2010, kemudian bergabung dengan Sanfrecce Hiroshima tiga tahun kemudian.

Catatan 13 gol dari 60 pertandingan membuat winger berpostur 173cm itu menarik minat raksasa Liga Inggris, Arsenal pada 2016. Namun selama tiga tahun berseragam The Gunners, Asano tidak mendapat kesempatan bermain di level tertinggi.

Ia justru dipinjamkan ke VfB Stuttgart selama dua musim pada 2016-2018 dan membukukan lima gol dari 41 pertandingan. Kemudian Arsenal kembali meminjamkan Asano ke Hannover 96 selama satu musim pada 2018-2019.

Setelah masa peminjamannya habis, Arsenal melepas Asano ke klub Liga Serbia, Partizan. Asano menyentuh puncak performanya bersama Partizan dengan torehan 22 gol dari 56 penampilan selama dua musim.

Pengalaman merumput di Liga Jerman membuat Asano kembali dilirik klub Bundesliga, VfL Bochum pada 2021. Sejauh ini dirinya sudah mencatat tiga gol dari 33 pertandingan.

Di timnas Jepang, Asano mencatat debut di level senior pada Mei 2015. Namun di Piala Dunia 2018, dirinya tidak tercantum ke daftar skuad Negeri Matahari Terbit.

Ia perlahan bangkit seiring mendapat jam terbang reguler di level klub. Dalam debut pertamanya di Piala Dunia, Asano pun menjadi pahlawan Jepang saat melawan Jerman.

[Gambas:Video CNN]

(ikw/jun)









Sumber: www.cnnindonesia.com