Film  

Profil Singkat 5 Calon Ketum PSSI

Berikut profil singkat lima calon Ketua Umum PSSI untuk periode 2023-2027.

Jakarta, CNN Indonesia

Ada lima nama yang resmi mendaftarkan diri sebagai calon ketua umum PSSI periode 2023-2027. Berikut profil singkat lima calon Ketum PSSI.

Pendaftaran bakal calon ketua umum PSSI periode 2023-2027 resmi ditutup pada Senin (16/1) pukul 18.00 WIB. Terdapat beberapa kejutan yang hadir dalam kontestasi kursi nomor satu badan sepak bola nasional.

PSSI sudah membentuk Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP) di Kongres Biasa PSSI 2023, Minggu (15/1). Tujuh anggota KP dan empat anggota KBP akan bertugas mengurus proses pemilihan ketua umum PSSI.

Tak hanya posisi ketum, pemilihan petinggi PSSI juga meliputi wakil ketua umum, sekretaris jenderal, dan anggota Komite Eksekutif (Exco). Setelah verifikasi data pendaftar diverifikasi, nantinya KP akan mengumumkan nama-nama yang masuk daftar calon tetap.

Pemilihan ketua umum, wakil ketua umum, sekjen, dan anggota Exco akan digelar pada Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI 2023 pada 16 Februari mendatang. Persaingan calon ketua umum PSSI diperkirakan berjalan sengit.

Berikut profil singkat lima calon Ketum PSSI:

1. La Nyalla Mattalitti

La Nyalla Mattalitti menjadi orang pertama yang menyerahkan berkas pendaftaran calon ketua umum PSSI 2023-2027 pada Jumat (13/1) lalu. Ia didampingi oleh beberapa simpatisan dan Presiden Klub Persiba Balikpapan Gede Widiade.

Pengusaha berbasis di Jawa Timur itu bukan orang baru dalam sepak bola. Saat memimpin Kadin Jawa Timur dan Wakil Ketua KONI Jawa Timur, ia menjabat Ketua Asosiasi Provinsi PSSI Jawa Timur pada 2010.

Sepak terjangnya semakin tinggi ketika terpilih sebagai Wakil Ketua Umum PSSI 2013-2015. Kariernya memuncak saat meraih kursi Ketua Umum PSSI pada 2015-2016 sebelum FIFA membekukan sepak bola Indonesia.

2. Erick Thohir

Erick Thohir menjadi orang kedua yang menyerahkan berkas pendaftaran calon ketua umum PSSI 2023-2027 pada Minggu (15/1). Ia datang bersama rombongan pendukung dan sederet selebritas.

Erick sudah malang-melintang di berbagai bidang olahraga, termasuk sepak bola. Setelah menjadi Ketua Umum PP Perbasi pada 2006-2010, Erick menjajal bisnis sepak bola sebagai Wakil Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat pada 2011.

Pengusaha berbagai bidang industri itu kemudian melebarkan sayapnya jauh ke Amerika Serikat dengan membeli saham DC United. Ia juga berhasil mengakuisisi klub kelas dunia, Inter Milan pada 2013. Kini Menteri BUMN era Jokowi itu berbisnis bersama klub Liga Inggris, Oxford United dan tim lokal Persis Solo.

Baca lanjutan artikel ini di halaman selanjutnya>>>



CEO Liga Amatir, Promotor Sepak Bola, hingga Politikus

BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Sumber: www.cnnindonesia.com