Film  

Profil Jan Olde Riekerink, Pelatih Baru Dewa United di Liga 1

Jan Olde Riekerink akan menangani Dewa United di Liga 1 2022/2023 dengan segudang pengalaman sebagai pelatih.

Jakarta, CNN Indonesia

Dewa United resmi menunjuk Jan Olde Riekerink sebagai pelatih baru pada Senin (1/1). Berikut profil Jan Olde Riekenrink.

Dewa United menyampaikan kabar penunjukkan Jan Olde Riekerink melalui media sosial. Ini sekaligus menjawab tanda tanya usai klub berbasis di Tangerang Selatan itu setelah mengakhiri kerjasama dengan Nil Maizar.

“Mari sambut pelatih baru kami, Jan Olde Riekerink,” tulis Dewa United di Instagram.

Keputusan mendatangkan Riekerink dianggap langkah mengejutkan lantaran pelatih asal Belanda itu merupakan sosok kawakan di sepak bola Eropa, Asia, hingga Afrika. Riekerink sudah pernah malang-melintang di Belanda, Portugal, Ukraina, Belgia, Turki, China, dan Afrika Selatan.

Setelah pensiun sebagai pemain profesional di Telstar pada 1993, Riekerink melanjutkan karier sebagai pelatih. Tim muda Ajax menjadi kubu pertama yang ditangani pada 1995-2002.

Raksasa klub Belgia, Genk, kemudian mempercayakan peran pelatih kepada Riekerink musim 2002-2003 lalu kembali ke Belanda untuk melatih FC Emmen selama dua tahun sampai 2005. Sosoknya menarik hati Co Adriaanse yang ditunjuk sebagai pelatih Porto, Riekerink menerima ajakan untuk menjadi asisten Adriaanse selama satu musim hingga 2006.

Riekerink menerima pinangan klub Ukraina Metalurg Donetsk sebagai asisten pelatih meski hanya bertahan satu musim. Ia kemudian memilih pulang ke Ajax sebagai Kepala Divisi Muda Jong Ajax pada 2007-2011.

Setelah mengabdi di Ajax, Riekerink mencoba melebarkan sayap ke benua Asia. Ia melatih Timnas China U-19 dan U-16 medio 2011-2015.

Pesonanya masih bersinar di Eropa ketika Galatasaray merekrutnya pada 2016. Selama sembilan bulan di Turki, ia mempersembahkan Turkish Cup dan Turkish Super Cup.

Setelah vakum selama kurang lebih satu tahun, Riekerink ditunjuk menukangi SC Heerenveen selama satu musim pada 2018 hingga 2019. Ia kemudian berpetualang ke Benua Afrika untuk melatih klub Afrika Selatan, Cape Town City pada 2019-2021.

Riekerink menepi sebagai pelatih ketika menjabat sebagai CEO Iskenderunspor selama dua tahun. Hingga akhirnya pada Januari 2023, ia kembali menjadi pelatih saat sepakat diboyong Dewa United.

Dalam sepak terjang sebagai pelatih, Jan berpengalaman menangani beberapa pemain bintang seperti Wesley Sneijder dan Lukas Podolski di Galatasaray. Perannya juga turut menghadirkan pemain Belanda berbakat seperti Nigel De Jong dan Daley Blind semasa di tim muda Ajax.

(ikw/har)






Sumber: www.cnnindonesia.com