Film  

Profil Aprilio Manganang, Eks Andalan Indonesia yang Resmi Menikah

Sempat viral karena pergantian identitas kelamin, Aprilio Manganang kini resmi menikah dengan kekasihnya, Claudia.

Jakarta, CNN Indonesia

Sempat viral karena pergantian identitas kelamin, Aprilio Manganang kini memasuki babak baru dalam hidupnya. Ia resmi menikah dengan Claudia Cvanrhyn.

Mantan atlet voli nasional itu resmi menikahi Claudia pada Sabtu (10/12). Resepsi pernikahan kedua pasangan ini berlangsung di Sutan Raja Hotel, Minut, Sulawesi Utara.

Kepastian tersebut didapat dari foto-foto yang diunggah Aprilio di Instagram pribadinya. Aprilio semula hanya mengunggah foto diri mengenakan setelan jas biru dengan kemeja putih.

“Terberkatilah today,” tulis Aprilio Manganang dalam unggahannya di Sutan Raja Hotel, Minut, Sulawesi Utara, Sabtu (10/12).

Sehari berselang, Aprilio Manganang kemudian mengunggah foto bersama dengan istri sambil menunjukkan cincin pernikahan. Keduanya tampak semringah dan serasi.

Claudia sendiri mengenakan gaun lengan panjang bernuansa putih dibalut kalung putih. Senyum bahagia terpancar dari wajah kedua mempelai.

“Bebas,” tulis Aprilio Manganang sambil membubuhkan emoji tertawa sampai menangis.

Aprilio Manganang memiliki perjalanan hidup yang terbilang unik. Ia sempat menjalani keseharian sebagai wanita hingga akhirnya menetapkan kelamin menjadi laki-laki pada Maret 2021.

[Gambas:Instagram]

Aprilio lahir pada 27 Maret 1992 di Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. Mantan atlet voli yang pensiun tahun 2020 ini merupakan anak dari Akip Zamrud Manganang dan Suryati Bori Lano.

Aprilio kecil hidup dalam keterbatasan. Situasi itu yang membentuknya menjadi sosok rajin dan ikut membantu orang tua berjualan pisang bersama kakaknya.

Aprilio memilih voli sebagai jalan hidup setelah melihat kakaknya, Amasya Manganang, mendapatkan penghasilan dari olahraga ini.


Aprilio Manganang resmi menjadi laki-laki. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

Aprilio memulai karier sebagai atlet voli profesional ketika bergabung dengan tim Alco Bandung pada tahun 2011. Kemudian dia pindah ke BNI 46, Manokwari Valeria, hingga akhirnya memperkuat Jakarta Elektrik PLN yang suskes memenangkan Proliga musim 2015 dan 2016.

Total Aprilio mengoleksi empat gelar juara Proliga. Terakhir gelar juara itu dia raih bersama PGN Popsivo Polwan usai mengalahkan Pertamina Energy pada final Proliga 2019. Satu gelar lain diraih pada 2017.

Usai moncer tampil di Indonesia, Aprilio mencoba peruntungan dengan berkarier di Liga Thailand, bersama Generali Supreme Chonburi E-Tech pada musim 2019.

Namun, masa kejayaan Aprilio mulai memudar ketika cedera lutut menyerangnya pada tahun 2019. Akibat cedera itu juga Aprilio absen membela Timnas Voli Putri Indonesia di SEA Games 2019 di Filipina.


Pebola voli Indonesia Aprilia Manganang melepaskan smash dalam pertandingan babak penyisihan grup A bola voli putri Asian Games 2018 melawan Thailand di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Senin (27/8). Indonesia kalah 1-3. ANTARA FOTO/INASGOC/Nugroho Sejati/mos/18Aprilia Manganang salah satu andalan voli Timnas Indonesia. (ANTARA FOTO/INASGOC/Nugroho Sejati)

Sempat pulih dari cedera lutut, Aprilio bergabung dengan Bandung Bank BJB Tandamata pada Proliga 2020, hingga memutuskan pensiun pada 10 September 2020.

Di luar kesuksesan dan cedera, kontroversi masalah gender juga kerap mewarnai karier Aprilio Manganang di dunia bola voli. Pada Maret 2021, Aprilio Manganang resmi ditetapkan sebagai laki-laki setelah melalui serangkaian tes medis di RSPAD.

Aprilio merasa lega dan tak lagi menjalani keseharian sebagai wanita. Kini, ia telah menjadi seorang suami setelah menikahi pujaan hatinya Claudia.

[Gambas:Video CNN]

(jun/har)






Sumber: www.cnnindonesia.com