Film  

Profil Al Nassr, Klub Baru Ronaldo

Cristiano Ronaldo resmi bergabung dengan Al Nassr dengan kontrak hingga 2025. Berikut profil Al Nassr yang merupakan klub asal Arab Saudi.

Jakarta, CNN Indonesia

Cristiano Ronaldo resmi bergabung dengan Al Nassr dengan kontrak hingga 2025. Berikut profil Al Nassr yang merupakan klub asal Arab Saudi.

Lewat akun media sosial Al Nassr mengumumkan perekrutan Ronaldo, Jumat (30/12). Penyerang asal Portugal itu disebut akan melakoni debut melawan Al Shabab, 14 Januari 2023.

Ronaldo sebelumnya diklaim akan menjadi atlet dengan bayaran termahal di dunia setelah mendapat gaji 200 juta euro (setara Rp3,3 triliun) per tahun.

Sejarah Al Nassr

Al Nassr dibentuk pada 24 Oktober 1955 dan merupakan salah satu klub tersukses di Arab Saudi. Klub berjuluk Al Aalami atau Faris Najd itu sudah sembilan kali menjadi juara Liga Arab Saudi.

Terakhir Al Nassr menjadi juara Saudi Pro League pada 2018/2019. Al Nassr hanya kalah sukses dari Al Hilal yang sudah 18 kali menjadi juara liga.

Al Nassr juga mengoleksi enam gelar Piala Raja Saudi. Al Nassr juga pernah menjadi juara Liga Champions Asia pada 1995.

Stadion Al Nassr

Al Nassr bermain di Stadion King Saud University atau Mrsool Park, Riyadh, yang memiliki kapasitas 25 ribu tempat duduk. Stadion ini dibuka pada 2015.

Stadion ini pernah menggelar pertandingan Barcelona vs Boca Juniors, dua mantan klub mendiang Diego Maradona, pada 2021 untuk mengenang kepergian legenda Argentina tersebut.

[Gambas:Instagram]

Pemilik Al Nassr

Al Nassr saat ini dipimpin Musalli Al Muammar, yang merupakan mantan presiden Saudi Pro League. Al Muammar dipilih sebagai Presiden Al Nassr pada April 2021 setelah klub mengalami kesulitan keuangan.

Al Muammar dipilih Pangeran Khalid bin Fahd bin Abdulaziz yang merupakan ‘dermawan’ utama Al Nassr. Kondisi itu membuat Al Nassr sering disebut sebagai klub milik Kerajaan Saudi.

Kekuatan Al Nassr

Al Nassr saat ini dilatih Rudi Garcia yang sebelumnya pernah menangani AS Roma, Marseille, hingga Lille. Karier Garcia meroket ketika membawa Lille menjadi juara Ligue 1 pada 2011.

Al Nassr yang musim lalu hanya finis di posisi ketiga memiliki penyerang Kamerun, Vincent Aboubakar, di skuad. Selain itu ada nama mantan kiper Arsenal David Ospina, mantan pemain timnas Brasil Luis Gustavo, hingga bek asal Spanyol Alvaro Gonzalez.

Mantan pemain

Ronaldo bukan peraih Ballon d’Or pertama yang pernah memperkuat Al Nassr. Pada 1998, legenda Bulgaria Hristo Stoichkov pernah dua kali memperkuat Al Nassr di ajang semifinal dan final Asian Super Cup.

Mantan pemain termahal dunia, Denilson, juga pernah bermain untuk Al Nassr selama dua bulan pada musim 2006/2007.

Untuk kursi pelatih, Al Nassr pernah ditangani pelatih tenar seperti Walter Zenga, Fabio Cannavaro, dan Artur Jorge.

[Gambas:Video CNN]

(har)






Sumber: www.cnnindonesia.com