Just another website
Indeks
Film  

Profil 8 Stadion Piala Dunia 2022 di Qatar

Berikut profil delapan stadion yang akan digunakan menjadi lokasi tanding Piala Dunia Qatar 2022.

Jakarta, CNN Indonesia

Piala Dunia 2022 Qatar akan menggunakan delapan stadion megah bertaraf internasional. Berikut profil delapan stadion Piala Dunia 2022.

Delapan stadion Piala Dunia 2022 tersebar di lima kota besar, yakni Lusail, Al Khor, Doha, Al Rayyan, dan Al Wakrah. Kota Al Rayyan menjadi yang terbanyak menyumbang stadion untuk pesta sepak bola terbesar sejagad tersebut.

Sementara kota Al Khor dipilih menjadi lokasi pembukaan Piala Dunia 2022. Kemudian kota Lusail akan menjadi tempat pertandingan final sekaligus penutup Piala Dunia 2022.

Stadion Piala Dunia 2022 akan berbeda dari yang lain. Teknologi yang digunakan semakin canggih menyusul lokasi acara dengan hawa panas khas Timur Tengah.

Salah satu teknologi yang dimiliki adalah stadion dengan atap yang bisa dibuka-tutup dan pendingin udara. Dalam laporan Sport Bible, seluruh stadion Piala Dunia Qatar 2022 dilengkapi dengan pendingin di sekitar lapangan untuk mengusir udara panas.

Berikut profil delapan stadion Piala Dunia 2022:

1. Stadion Lusail

Stadion Lusail menjadi arena Piala Dunia 2022 dengan kapasitas terbesar. Stadion bernama lengkap Lusail Iconic Stadium itu bisa menampung total 86 ribu penonton.

Pembangunan stadion berlokasi di kota Lusail itu dimulai pada 2017 dan selesai pada 2021. Stadion Lusail memiliki fasilitas pendingin atau AC di dalam arena dengan listrik bertenaga matahari sehingga diklaim tidak meninggalkan jejak karbon atau gas emisi sehingga ramah lingkungan.

Kapasitas yang besar menjadikan Stadion Lusail sebagai lokasi pertandingan final Piala Dunia 2022. Stadion Lusail juga akan menjadi lokasi enam pertandingan babak penyisihan dan satu pertandingan di setiap fase gugur.


2. Stadion Al Bayt

Stadion Al Bayt terletak di kota Al Khor. Arena ini akan menjadi lokasi upacara pembukaan Piala Dunia 2022 pada 20 November mendatang.

Stadion berkapasitas 60 ribu penonton itu memiliki sertifikat ramah lingkungan dan beberapa fasilitas mewah. Terdapat hotel bintang lima di dalam stadion dengan pemandangan langsung ke dalam lapangan.

Selain itu, terdapat fitur atap yang bisa terbuka dan tertutup sesuai dengan kebutuhan selama acara atau pertandingan berlangsung. Stadion Al Bayt dibangun pada 2014 dan selesai pada November 2021.

Baca lanjutan artikel ini di halaman selanjutnya>>>



Stadion dari Kontainer Bekas sampai yang Berwarna-warni

BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Sumber: www.cnnindonesia.com