Film  

Perubahan Besar Indonesia Dibanding Vietnam Sejak Piala AFF 2020

Dibanding kali terakhir bertemu pada fase grup Piala AFF tahun lalu, Timnas Indonesia mengalami lebih banyak perubahan skuad ketimbang Vietnam.

Jakarta, CNN Indonesia

Dibanding kali terakhir bertemu pada fase grup Piala AFF tahun lalu, Timnas Indonesia mengalami lebih banyak perubahan skuad ketimbang Vietnam.

Indonesia dan Vietnam terakhir berjumpa pada 15 Desember 2021. Ketika itu kedua kesebelasan bermain imbang tanpa gol di Stadion Bishan, Singapura.

Banyak pemain yang kali ini menghuni skuad kedua negara turut mengisi daftar susunan pemain pada laga fase grup Piala AFF 2020.

Jika diperbandingkan, Shin Tae Yong lebih banyak melakukan perubahan susunan pemain dibandingkan Park Hang Seo.

Dari skuad Piala AFF 2020, Shin masih membawa Nadeo Argawinata, Rizky Ridho, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Pratama Arhan, Rachmat Irianto, Asnawi Mangkualam, Ricky Kambuaya, Fachruddin Aryanto, dan Edo Febriansah.

Jumlah sepuluh pemain yang sama pada dua Piala AFF terakhir jauh lebih sedikit ketimbang Vietnam.

Di kubu Vietnam setidaknya masih ada lebih dari 15 nama yang memperkuat skuad Golden Dragon saat ini dan di Piala AFF 2020. Beberapa di antaranya adalah Que Ngoc Hai, Bui Tien Dung, Nguyen Hoang Duc, Vu Van Thanh, Nguyen Quang Hai, Phan Van Duc, dan Nguyen Tien Linh.

Bahkan dalam susunan starter yang diturunkan melawan Indonesia dua tahun lalu, Shin membawa sepuluh dari pemain. Satu-satunya pemain starter menghadapi Indonesia yang tidak diangkut Shin ke Piala AFF kali ini adalah Nguyen Cong Phuong yang mengalami cedera.

Sementara dalam susunan starter Indonesia melawan Vietnam dua tahun silam, ada tujuh pemain yang kembali memperkuat Tim Merah Putih kali ini.

Bukan tidak mungkin pemain-pemain tersebut akan kembali tampil sejak menit pertama dalam laga yang akan berlangsung besok di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dan pada 9 Januari mendatang di Stadion My Dinh, Hanoi.

[Gambas:Video CNN]

(nva/jun)









Sumber: www.cnnindonesia.com