Film  

Peletak Pondasi Badminton China Asal Solo Wang Wenjiao Wafat

Peletak pondasi badminton di China yang lahir di Solo Wang Wenjiao tutup usia pada 25 Desember 2022.

Jakarta, CNN Indonesia

Peletak pondasi badminton di China yang lahir di Solo Wang Wenjiao tutup usia pada 25 Desember 2022.

Bisa dibilang Wenjiao adalah guru dari para pelatih-pelatih badminton China yang menghasilkan nama-nama besar di Negeri Tirai Bambu.

Wenjiao terlahir dengan nama Ong Boen Kao. Ketika masih menetap di Indonesia, Wenjiao merupakan pemain badminton andal. Sampai kemudian Wenjiao diundang ke China pada 1953 guna membantu perkenalan olahraga tepuk bulu di negara tersebut.

Mengetahui kualitas dan standar badminton yang buruk di China pada waktu itu, Wenjiao dan beberapa rekan asal Indonesia yang memiliki keturunan China memilih menetap di negara leluhurnya.

Wenjiao masih bermain hingga kemudian pensiun karena cedera punggung. Saat melatih, Wenjiao memiliki murid-murid kelas wahid seperti Hou Jiachang, Chen Yu Niang, dan Tang Xianhu atau yang dikenal di Indonesia sebagai Tong Sinfu.

Selain itu sederet juara dari China juga lahir berkat didikannya, seperti Han Jian, Yang Yang, Zhao Jianhua, dan Li Yongbo.

Menjadi kepala pelatih China, Wenjiao menuai sukses. Tim Thomas China meraih gelar pada 1982, 1986, 1988, dan 1990.

Setelah pensiun sebagai pelatih tim China, Wenjiao kemudian ikut pula mengembangkan badminton dengan menjabat sebagai anggota Dewan Pengembangan IBF.

Kontribusi besar pada dunia badminton China membuatnya dijuluki godfather. China pun memberi penghargaan ‘Panutan Rakyat’ pada tiga tahun silam.

Sebelumnya, juga karena sumbangsih besar di dunia bulu tangkis, Federasi Badminton Dunia (BWF) juga memberikannya penghargaan prestasi seumur hidup pada 2014.

Wenjiao meninggal pada 25 Desember 2022 ketika menginjak 89 tahun.

[Gambas:Video CNN]

(nva/nva)






Sumber: www.cnnindonesia.com