Film  

Pele, Satu-satunya Pemain dengan 3 Gelar Piala Dunia

Ada satu rekor Pele yang hingga saat ini tidak mampu disamai ataupun dipecahkan hingga sang legenda meninggal.

Jakarta, CNN Indonesia

Ada satu rekor Pele yang hingga saat ini tidak mampu disamai ataupun dipecahkan. Rekor Pele tersebut mungkin tidak akan pernah dipecahkan dalam puluhan tahun ke depan.

Pele meninggal dunia di usia 82 pada Kamis (29/12) setelah mendapat perawatan intensif sejak November lalu di Rumah Sakit Albert Einstein, Sao Paulo.

Mendiang Pele meninggalkan banyak warisan hebat di dunia sepak bola. Banyak rekor yang diciptakan legenda yang memiliki nama lengkap Edson Arantes do Nascimento itu.

Salah satu rekor hebat yang dipegang Pele hingga meninggal adalah jumlah gelar Piala Dunia. Pele hingga kini masih menjadi pemain dengan gelar Piala Dunia terbanyak.

Pele tampil di empat Piala Dunia: 1958, 1962, 1966 dan 1970 dan menjadi juara di Piala Dunia 1958, 1962, dan 1970. Hanya di Piala Dunia 1966 di Inggris Pele gagal menjadi juara setelah Brasil gagal lolos fase grup.

Rekor tiga gelar Piala Dunia milik Pele sangat sulit dipatahkan dan masih bertahan hingga saat ini. Pemain muda berstatus bintang saat ini macam Kylian Mbappe dan Julian Alvarez juga kemungkinan besar sulit mematahkan rekor itu.

Pele mendapatkan gelar Piala Dunia pertamanya di Swedia pada 1958. Ketika itu dia masih 17 tahun, namun sudah mampu menggemparkan dunia sepak bola. Pele mencetak enam gol, termasuk dua di final saat mengalahkan Swedia.

Di Piala Dunia 1962, Pele lebih banyak absen karena cedera usai pertandingan kedua. Sementara di Piala Dunia 1970 di Meksiko, Pele mampu mencetak empat gol dan membawa Brasil juara untuk kali ketiga dengan mengalahkan Italia 4-1 di final.

[Gambas:Video CNN]

(har)






Sumber: www.cnnindonesia.com