Film  

Pelatih Filipina Kritik Wasit, Sebut Thailand Mudah Dapat Penalti

Pelatih timnas Filipina Josep Ferret mengkritik kinerja wasit usai dilumat Thailand 0-4 di Piala AFF 2022.

Jakarta, CNN Indonesia

Pelatih timnas Filipina Josep Ferret mengkritik kinerja wasit saat dikalahkan Thailand 0-4 di Piala AFF 2022 di Thammasat, Pathum Thani, Senin (26/12).

Dalam pertandingan ini Thailand menang dengan skor 4-0. Ferret mengakui bahwa Thailand adalah lawan yang kuat. Tak mudah bagi Filipina untuk menembus pertahanan tim Gajah Perang.

Namun demikian, mentalitas pemain cukup berpengaruh keputusan wasit. Gol kedua Thailand yang dilesakkan Teerasil Dangda lewat titik putih pada menit ke-41 meruntuhkan mental pemain.

Apalagi proses sebelum wasit memberi penalti bisa diperdebatkan. Ferret menilai wasit Yudai Yamamoto asal Jepang terlalu mudah memberi penalti ‘hadiah’ kepada Thailand.

“Sebenarnya kami mencoba mengontrol permainan. Sayang sekali ada gol cepat karena kesalahan sekecil apapun berbahaya sebab kualitas Thailand sangat tinggi,” kata Ferret.

“Baik Teerasil dan Theerathon membuat perbedaan bagi Thailand. Kami mencoba bertahan dengan baik di babak kedua, tapi kalah lewat penalti yang terlalu mudah diberikan,” ucapnya.

Pelatih asal Spanyol itu juga menyoroti jadwal yang kurang berpihak. Ini karena The Azkals tampil maraton tiga kali hanya dalam enam hari, sedangkan Thailand punya jeda rehat.

Sudah begitu tim asuhannya harus menjalani dua kali laga tandang. Pada 20 Desember di Kamboja, lantas tanding di kandang pada 23 Desember, dan terbang ke Thailand untuk laga 26 Desember.

“Selamat kepada Thailand, bermain sangat baik dan menjadi tim besar di turnamen ini. Thailand bermain dengan percaya diri dan berlatih dengan sangat baik sehingga kami merasa malu,” katanya.

“Pertandingan ini sangat sulit karena kami tampil tiga kali dalam sembilan hari perjalanan. Kami tidak punya banyak waktu istirahat, tetapi Thailand memiliki waktu lebih baik,” kata Ferret.

[Gambas:Video CNN]

(abs/har)









Sumber: www.cnnindonesia.com