Film  

Pan Gon Tak Lihat Jelas Insiden Kontroversial Laga Vietnam vs Malaysia

Pelatih timnas Malaysia Kim Pan Gon pusing setelah 12 pemain memutuskan mundur jelang Piala AFF 2022.

Jakarta, CNN Indonesia

Kim Pan Gon tidak menyaksikan secara jelas insiden yang berbuntut penalti dan kartu merah bagi Malaysia saat bertanding melawan Vietnam dalam laga fase grup Piala AFF 2022, Selasa (27/12).

Pelatih asal Korea Selatan tersebut menilai insiden kontroversial tersebut membuat anak asuhnya berada dalam kesulitan, namun Pan Gon tak bisa berbicara banyak karena mengaku tak melihat kejadian dengan saksama.

“Sulit untuk mengatakannya karena saya tidak melihat dengan jelas. Saya pikir saya harus benar-benar menganalisis situasinya dan kemudian saya bisa mengatakan sesuatu,” jelas Pan Gon dalam konferensi pers setelah pertandingan.

Kejadian kontroversial pada menit ke-60 itu diawali duel perebutan bola antara Azam Azmi dengan Doan Van Hau. Azam berupaya mengadang Van Hau yang mencoba melakukan akselerasi di sisi sayap kanan pertahanan Malaysia.

Duel berakhir dengan kedua pemain terjatuh tepat di samping papan iklan yang berada di dekat kotak penalti Malaysia. Terlihat adu fisik Azam dan Van Hau setelah keduanya terjatuh.

Pertandingan sempat berlanjut beberapa saat sampai kemudian wasit Ryuji Sato menghentikan laga dan menunjuk titik putih tanda penalti untuk Vietnam.

Tak hanya itu, anggota korps baju hitam dari Jepang itu juga memberi Azam kartu merah sehingga Malaysia bermain dengan 10 orang menyusul Vietnam yang lebih dulu dihadiahi kartu merah oleh Sato pada babak pertama.

“Ada kesempatan meraih kemenangan malam ini, tetapi ada insiden yang saya harus melihat ulang apa yang sebenarnya terjadi,” ujar Pan Gon mengenai kejadian berbuntut kartu merah dan penalti.

“Kejadian itu membuat kami kesulitan. Situasi yang sangat sulit untuk menyamakan kedudukan membalikkan keadaan,” sambungnya.

Malaysia kalah tiga gol tanpa balas dari Vietnam dalam laga tersebut, sehingga harus menjalani laga hidup mati demi tiket semifinal Piala AFF 2022 saat menghadapi Singapura pada 3 Januari.

[Gambas:Video CNN]

(nva/nva)









Sumber: www.cnnindonesia.com