Film  

Neymar Ungkap Jasa Besar Pele di Sepak Bola

Bintang Brasil Neymar menyampaikan pesan belasungkawa atas meninggalnya legenda sepak bola Brasil Edson Arantes do Nascimento atau Pele.

Jakarta, CNN Indonesia

Bintang Brasil Neymar menyampaikan pesan belasungkawa atas meninggalnya legenda sepak bola Brasil Edson Arantes do Nascimento atau Pele.

Legenda sepak bola Brasil Pele meninggal dunia di usia 82 tahun di SaoPaulo pada Kamis (29/12) waktu setempat atau Jumat (30/12) dini hari WIB.

Semua orang merasakan kehilangan legenda sepak bola Brasil itu, termasuk Neymar.

“Sebelum Pelé, “10” hanyalah sebuah angka. Saya membaca ungkapan itu di suatu tempat, di beberapa momen dalam hidup saya. Tapi kalimat itu, indah, meski tidak lengkap,” tulis Neymar di akun Instagram miliknya pada Jumat (30/12) dini hari WIB.

“Saya akan mengatakan bahwa sebelum Pele, sepak bola hanyalah olahraga. Tapi Pele mengubah segalanya. Dia mengubah sepak bola menjadi seni, menjadi hiburan,” tulis Neymar menambahkan.

Neymar juga mengatakan kesuksesan Pele di sepak bola memberikan pesan mendalam bagi orang-orang yang kurang mampu dan kulit hitam untuk maju.

“Itu memberi pesan kepada orang miskin, orang kulit hitam dan segalanya. Ini memberi visibilitas ke Brasil. Sepak bola dan Brasil telah menaikkan status mereka berkat Sang Raja! Dia pergi, tapi sihirnya akan tetap ada. Pele itu abadi!” kata Neymar.

[Gambas:Instagram]

Kabar meninggalnya Pele dikonfirmasi oleh Manajer Bisnisnya, Joe Fraga, dikutip dari AP.

Pele telah dirawat di rumah sakit di Sao Paulo Brasil sejak November 2022 karena mengidap sejumlah penyakit.

Pemain yang sukses membawa Brasil juara Piala Dunia tiga kali itu dikabarkan memiliki riwayat penyakit jantung dan ginjal.

Pele juga sempat menjalani pengangkatan tumor dari usus besarnya pada September 2021.

[Gambas:Video CNN]

Kemudian pada Rabu (28/12) lalu rumah sakit Albert Einstein di Sao Paulo, tempat Pele dirawat, menyatakan penyakit kanker usus besarnya menunjukkan perkembangan positif, hanya saja dia membutuhkan perawatan lebih intensif untuk mengobati gagal ginjal dan jantung.

Namun Pele dikabarkan menghembuskan nafas terakhirnya di rumah sakit tersebut pada Kamis (29/12) waktu setempat.

Pele dikenal luas sebagai salah satu pesepak bola paling berbakat di dunia. Dia berhasil membawa Brasil juara Piala Dunia 1958, 1962, dan 1970.

Dia juga tercatat sebagai pencetak gol terbanyak Brasil dengan torehan 77 gol dalam 92 pertandingan.

(rhr)






Sumber: www.cnnindonesia.com