Film  

Momen Indonesia Bantai Filipina 13-1 di Laga Penentuan Grup Piala AFF

Timnas Indonesia akan menghadapi Filipina dalam laga terakhir Grup A Piala AFF 2022 dengan percaya diri sebab rekor pertemuannya sangat gagah perkasa.

Jakarta, CNN Indonesia

Timnas Indonesia memiliki satu momen melawan Filipina pada pertandingan penentuan di fase grup Piala AFF. Pada laga itu Indonesia menang telak 13-1 atas Filipina.

Indonesia melakoni laga yang akan memastikan mereka lolos ke semifinal atau tersingkir saat menghadapi Filipina di Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Rizal Memorial, Senin (2/1).

Pada pertandingan nanti Indonesia wajib menang untuk memastikan tiket ke semifinal Piala AFF 2022. Hasil imbang bisa juga mengantar Skuad Garuda ke babak berikutnya, dengan catatan Kamboja gagal menang lawan Thailand.

Merunut pada sejarah pertemuan di Piala AFF, Indonesia dan Filipina pernah melakoni pertandingan penentuan itu di babak grup. Tepatnya pada Piala AFF 2002 silam.

Pada Piala AFF 2002 Indonesia melawan Filipina pada laga pemungkas Grup A. Indonesia wajib menang atas Filipina dalam pertandingan yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno tersebut.

Sebelum duel melawan Filipina, Indonesia menempati peringkat ketiga Grup A di bawah Vietnam dan Myanmar yang unggul satu poin. Beruntung bagi Tim Merah Putih, karena Myanmar melawan tim kuat Vietnam yang juga butuh kemenangan pada laga terakhir.

Timnas Indonesia yang ketika itu dilatih Ivan Kolev tidak saja mendapatkan tiga poin penting, tetapi juga kemenangan telak 13-1 atas Filipina yang sudah tersingkir sejak awal.

Dari 13 gol itu, Bambang Pamungkas dan Zaenal Arif mencetak quattrick. Bejo Sugiantoro mengemas dua gol, Budi Sudarsono dan Imran Nahumaruri masing-masing satu gol, sedangkan satu gol lain tercipta lewat bunuh diri Solomon Licuanan. Sementara gol balasan Filipina datang dari Ali Bernard Go.

Kemenangan atas Filipina membawa Indonesia lolos ke babak semifinal Piala AFF 2022 usai unggul satu poin atas Myanmar, sekaligus jadi pendamping Vietnam di babak gugur.

Momen 20 tahun silam itu setidaknya bisa jadi pelecut motivasi tim asuhan Shin Tae Yong untuk menang atas Filipina pada pertandingan keempat Grup A Piala AFF 2022 guna mendapatkan tiket ke babak semifinal.

[Gambas:Video CNN]

(sry/nva)









Sumber: www.cnnindonesia.com