Film  

Marselino Ferdinan, Pemain Termuda Indonesia Cetak Gol di Piala AFF

Marselino Ferdinan membukukan rekor baru sebagai pencetak gol termuda Timnas Indonesia di Piala AFF melewati catatan yang pernah diukir Boaz Solossa.

Jakarta, CNN Indonesia

Marselino Ferdinan membukukan rekor baru sebagai pencetak gol termuda Timnas Indonesia di Piala AFF melewati catatan yang pernah diukir Boaz Solossa.

Rekor tersebut dicetak Marselino usai menjebol gawang Filipina pada laga keempat Piala AFF 2022 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Senin (2/1).

Marselino mencetak gol kedua Indonesia saat mengalahkan Filipina 2-1. Melakukan kerja sama satu-dua dengan Saddil Ramdani, pemain Persebaya Surabaya itu melesakkan bola ke pojok kiri gawang Filipina.

Ini adalah gol debut Marselino bersama Indonesia di Piala AFF. Gol tersebut dicetak Marselino saat menginjak usia 18 tahun, 3 bulan dan 24 hari. Catatan itu membuat Marselino mengalahkan rekor Boaz.

Sebelumnya Boaz memegang rekor pemain termuda Indonesia yang mampu mencetak gol di Piala AFF saat membobol gawang Laos pada 7 Desember 2004. Ketika itu Boaz masih 18 tahun, 9 bulan, dan 1 hari.

Marselino sendiri merupakan pemain termuda di skuad Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022. Pemain kelahiran 9 September 2004 itu sudah menjadi andalan Shin Tae Yong sejak Timnas U-19 dan U-23.

Popularitas Marselino mulai menanjak saat membela Timnas U-17 yang tampil di Piala AFF U-16. Ia menjalani debut manis di turnamen tersebut dengan mencetak gol ke gawang Vietnam yang berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan Indonesia.

Sejak saat itu Marselino jadi langganan Timnas Indonesia di level kelompok umur. Talentanya sebagai gelandang serang membuat Persebaya tertarik meminangnya pada 2021.

Marselino kini menjadi andalan Timnas Indonesia U-20 asuhan STY yang diproyeksikan tampil di Piala Dunia U-20 2023. Sebelumnya dia juga tampil gemilang bersama Timnas U-20 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Marselino total mencetak tiga gol dan ikut berperan mengantar Garuda Nusantara lolos Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan.

Kegemilangan Marselino di Timnas Indonesia kelompok umur membuat STY tak segan memasukkan namanya ke daftar skuad senior. Kini, Marselino jadi salah satu pemain andalan Indonesia di Piala AFF 2022.

[Gambas:Video CNN]

(jun/jal)









Sumber: www.cnnindonesia.com