Film  

Marselino Disarankan Tiru Ronaldo Sebelum Main di Luar Negeri

Bintang muda Timnas Indonesia Marselino Ferdinan diminta meniru langkah Cristiano Ronaldo sebelum berkarier di luar negeri.

Jakarta, CNN Indonesia

Pengamat sepak bola nasional Mohamad Kusnaeni menyarankan agar Marselino Ferdinan meniru jalan sukses Cristiano Ronaldo sebelum berkarier di luar negeri.

Bung Kus, sapaan akrab Kusnaeni, menyarankan agar pemain Persebaya ini menyelesaikan dulu musim ini sebelum menerima tawaran klub luar negeri.

“Marselino saya harapkan ditempa dulu di kompetisi domestik. Minimal tuntaskan dulu kompetisi musim ini. Jadi artinya punya dua musim sehingga berangkat ke luar nanti punya bekal,” kata Kusnaeni.

Dalam pandangan Kusnaeni, setengah musim ini benar-benar dimanfaatkan pemuda 18 tahun ini untuk mempersiapkan diri.

“Jadi ini saatnya mempersiapkan diri untuk bersiap main di level yang lebih tinggi. Lebih disiplin soal waktu, soal latihan, soal makan. Itu belajar dulu selama sisa kompetisi musim ini,” ujarnya.

“Terkadang pemain kita ini secara fisik rutin menjaga, tetapi makannya masih sarapan mie instan, makan nasinya masih banyak-banyak. Jadi harus mengubah gaya hidup, membiasakan makan roti,” ucap Kusnaeni.

Lebih spesifik, Kusnaeni meminta Marselino belajar kisah sukses Cristiano Ronaldo. Adik kandang Oktafianus Fernando ini diharapkan bisa meniru cara bintang Portugal itu mempersiapkan fisik dan mental.

“Lihat saja Cristiano Ronaldo bagaimana perjuangan menjadi pemain profesional. Ronaldo adalah contoh paling sempurna memperjuangkan diri menjadi pemain profesional dengan bekal skill yang sebetulnya tidak luar biasa,” ucapnya.

“Kedisiplinan fisiknya itu yang membuatnya jadi luar biasa. Pemain kita harus belajar, salah satunya yang paling gampang disebut Ronaldo. Kalau mencari tolok ukur Ronaldo itu paling tepat,” kata Kusnaeni.

[Gambas:Video CNN]

(abs/rhr)






Sumber: www.cnnindonesia.com