Film  

Mari Nikmati Aksi Terakhir Messi di Piala Dunia

Jersey Argentina dan Lionel Messi laku keras di penjuru dunia hingga stoknya tidak tersedia lagi jelang final Piala Dunia 2022 antara Argentina vs Prancis.

Jakarta, CNN Indonesia

Argentina vs Prancis yang merupakan final Piala Dunia 2022 akan menjadi penampilan terakhir Lionel Messi. Apapun hasil di final, mari kita menikmati aksi terakhir Messi di Piala Dunia.

“Mari kita hargai dan nikmati Messi. Kita tidak tahu berapa abad akan berlalu sampai kita melihat pemain seperti Messi lagi,” ujar kiper legendaris Kolombia Rene Higuita.

Pernyataan Higuita itu mungkin benar adanya. Pemain seperti Messi mungkin tidak akan muncul dalam dua, tiga, empat dekade atau lebih. Bahkan mungkin tidak akan ada pemain seperti La Pulga lagi.

Kondisi itu membuat laga Argentina vs Prancis pada final Piala Dunia 2022 patut kita nikmati. Apapun hasilnya, Messi tidak perlu pembuktian bahwa dia adalah salah satu pemain terbaik dalam sejarah, atau mungkin yang terhebat dalam sejarah.

Trofi Piala Dunia mungkin satu-satunya gelar bergengsi yang belum pernah disebut Messi. Tapi rekor penyerang 35 tahun itu di Piala Dunia sangat luar biasa.

Messi sudah mencetak 11 gol dari 25 pertandingan di lima edisi Piala Dunia dan merupakan top skor Argentina di Piala Dunia. Rata-rata gol Messi di Piala Dunia adalah 0,44 per pertandingan.

Pada final Piala Dunia 2022, Messi bisa memecahkan tiga rekor luar biasa. Messi akan memecahkan rekor jumlah penampilan terbanyak di Piala Dunia yang saat ini dipegang bersama legenda Jerman, Lothar Matthaus, dengan 25 penampilan.

Selain itu Messi juga akan mengalahkan rekor menit bermain terbanyak di Piala Dunia yang saat ini masih dipegang legenda Italia, Paolo Maldini, dengan 2.217 menit. Messi hanya butuh 24 menit penampilan di final Piala Dunia 2022 untuk mengalahkan rekor Maldini. Terakhir Messi bisa melewati rekor 6 assist Pele di fase gugur Piala Dunia.

Narasi yang tercipta jelang final antara Argentina vs Prancis adalah, bahwa trofi Piala Dunia 2022 adalah kepingan gelar terakhir yang akan membuat karier sempurna.


Pemain-pemain Argentina akan berusaha keras membantu Lionel Messi membawa Albiceleste juara Piala Dunia. (REUTERS/FABRIZIO BENSCH)

Sejumlah pemain timnas Argentina juga siap mewujudkan narasi itu, begitu juga dengan pelatih Tim Tango Lionel Scaloni.

“Mari kita berharap jika ini pertandingan terakhir Messi [di Piala Dunia], maka dia akan menjadi juara. Itu akan sangat hebat dan penting untuk menikmatinya,” ucap Scaloni.

[Gambas:Video CNN]

(har/ptr)









Sumber: www.cnnindonesia.com