Just another website
Indeks
Film  

Manuver Gila Sepp Blatter Sebut Iran Layak Dicoret dari Piala Dunia

Mantan Presiden FIFA Sepp Blatter menyebut Iran tak seharusnya tampil di Piala Dunia 2022 di Qatar.

Jakarta, CNN Indonesia

Mantan presiden FIFA Sepp Blatter menyebut Iran tidak seharusnya tampil di Piala Dunia 2022 di Qatar.

Hal itu dikatakan Blatter kepada media-media di Swiss, Jumat (11/11). Komentar ini dilayangkan di tengah aksi protes atas meninggalnya Mahsa Amini beberapa waktu lalu. Mahsa Amini ditangkap polisi dan meninggal di penjara karena pakai jilbab tak sesuai aturan.

Dalam video yang diunggah di media sosial oleh media massa tersebut, pernyataan provokatif dan tendensius diajukan kepada Blatter oleh wartawan yang mewawancarainya.

“Jika Anda masih presiden FIFA hari ini, apakah Anda akan membiarkan Iran, yang membunuh wanita muda di jalanan, yang mengirim senjata ke Rusia untuk menyerang Ukraina, bermain di Piala Dunia?” kata wartawan tersebut.

“Tidak,” jawab Blatter dengan tegas. Lelaki yang sudah sepuh itu selanjutnya menyudutkan Gianni Infantino, Presiden FIFA saat ini, dengan menyebutnya tak punya keberanian untuk memberi sanksi kepada Iran.

“Dia sudah kesulitan membuat dana bersama dengan warga Qatar, untuk semua pekerja yang tewas dalam pembangunan infrastruktur,” kata Blatter dalam wawancara itu dilansir dari CNN.

[Gambas:Video CNN]

“Saya pikir itu harus dilakukan oleh seseorang dari FIFA yang memiliki keberanian. Tetapi Infantino bahkan tidak memiliki keberanian untuk memberikan jawaban kepada wartawan,” ujarnya.

Blatter yang rekam jejaknya di FIFA tak terlalu cemerlang mulai bermanuver di media massa setelah sebuah firma hukum atas nama sekelompok tokoh olahraga Iran bersurat ke FIFA.

Seperti mendapatkan momentum, Blatter menjadikan ajuan firma ini untuk mendesak FIFA. Dengan atas nama hak asasi manusia Iran dianggap tak layak tampil di Piala Dunia 2022.

(abs/rhr)






Sumber: www.cnnindonesia.com