Film  

Lawan Park Hang Seo, Kim Pan Gon Bisa Apa?

Vietnam akan menjamu Malaysia dalam  laga Grup A Piala AFF 2022, sekaligus jadi bentrokan perdana dua pelatih Korea Selatan yakni Park Hang Seo vs Kim Pan Gon.

Jakarta, CNN Indonesia

Vietnam akan menjamu Malaysia dalam lanjutan laga Grup A Piala AFF 2022, sekaligus menjadi bentrokan perdana dua pelatih Korea Selatan yakni Park Hang Seo melawan Kim Pan Gon.

Sejarah mencatat, Vietnam digdaya atas Malaysia. Sejak pertemuan 1991, setelah unifikasi dengan Vietnam Selatan, The Golden Star Warriors menang 14 kali, 3 kali imbang, dan hanya 5 kali kalah.

Bahkan, dalam tujuh pertemuan terakhir, Malaysia tak pernah menang atas Vietnam. Catatan terbaik Harimau Malaya adalah imbang 2-2 pada 11 Desember 2018 dalam ajang Piala AFF.

Namun kini Malaysia punya pelatih baru asal Korea Selatan, Kim Pan Gon. Dominasi Vietnam akan coba dipatahkan Kim dengan strategi yang matang dan terbukti tajam dalam dua Piala AFF 2022.

Masalahnya, Vietnam sedang jadi tim terbaik ASEAN dalam asuhan Park Hang Seo. Pelatih asal Korea Selatan ini mengubah Vietnam sebagai tim yang bahkan turut meramaikan persaingan di level Asia.

Bisakah Kim mengalahkan Park? Tak ada yang tidak mungkin dalam sepak bola, tetapi pengalaman dan jam terbang Park di sepak bola ASEAN terbukti lebih menonjol.

[Gambas:Video CNN]

Shin Tae Yong, pelatih Timnas Indonesia, yang sempat tampil di Piala Dunia 2018 bersama Korea Selatan, pun tak berkutik. Selama menangani Indonesia, Shin sudah dua kali bentrok dengan Park.

Hasilnya sekali kalah dan imbang. Timnas Indonesia tumbang 0-4 saat bentrok dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Uni Emirat Arab, lantas bermain imbang 0-0 di babak grup Piala AFF 2020 (2021).

Apakah Kim bisa mengatasi dominasi Park di Piala AFF? Malaysia datang ke Stadion Nasional My Dinh, Ha Noi dengan dua kemenangan, yakni unggul 1-0 atas Myanmar dan menang 5-0 atas Laos.

(rhr)









Sumber: www.cnnindonesia.com