Film  

Kronologi Park Hang Seo Ngambek di Jumpa Pers Indonesia vs Vietnam

Park Hang Seo marah-marah dan ngambek dalam sesi jumpa pers semifinal Piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia vs Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Jakarta, CNN Indonesia

Park Hang Seo marah-marah dan ngambek dalam sesi jumpa pers semifinal leg pertama Piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia vs Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (5/1).

Datang terlambat lima menit dari jadwal yang ditentukan, sesi jumpa pers sebelum pertandingan itu berlangsung penuh drama. Sejak pertama datang, Park Hang Seo seperti tidak senang dengan situasi yang terjadi.

Seperti biasa, Hang Seo diberikan kesempatan memberi pernyataan awal soal pertandingan Indonesia vs Vietnam besok, Jumat (6/1). Begitu juga dengan Pham Tuan Hai, pemain Vietnam yang mendampingi Hang Seo di sesi jumpa pers tersebut.

Setelah memberikan pernyataan, Park Hang Seo menunjuk-nunjuk ke arah sebelah kiri ruang jumpa pers. Ia menggunakan bahasa Korea Selatan. Tepat di sisi tersebut terdapat dua orang Korea Selatan yang memegang kamera.

“Kenapa mereka di sini? Apakah mereka reporter?” tanya Park Hang Seo kepada koordinator jumpa pers.

Setelah seorang media officer menjelaskan bahwa kedua orang Korea Selatan yang menggunakan baju ofisial PSSI itu adalah tim media dari Shin Tae Yong, Hang Seo kemudian mengatakan: “Kenapa mereka hadir di jumpa pers tim kami?”

Setelah itu jumpa pers dilanjutkan dan satu wartawan Vietnam mengajukan pertanyaan. Tak panjang jawaban yang disampaikan Hang Seo. Setelah itu tidak ada wartawan yang mengacungkan tangan tanda ingin bertanya, termasuk wartawan Vietnam yang hadir. Sesi jumpa pers diakhiri hanya dalam delapan menit dan Park Hang Seo langsung pergi.

Media Officer PSSI Bandung Saputra mengaku tak mengetahui secara detail apa yang terjadi. Karenanya ia meminta CNNIndonesia.com untuk bertanya langsung kepada dua orang Korea Selatan yang datang.

Ternyata ada empat orang Korea yang saat itu menghadiri jumpa pers dan mengenakan ofisial hitam dan abu-abu Timnas Indonesia. Keempatnya cukup dikenal oleh Park Hang Seo. Hal ini membuatnya tidak senang.

Diana Petrina, warga Indonesia yang tergabung dengan empat orang korea dengan identitas Snow Ball Korea, menjelaskan duduk perkara. Hang Seo meminta orang Korea yang hadir itu untuk keluar ruang jumpa pers.

“Mereka ini saling kenal. Mereka juga pernah wawancara Park. Hari ini mereka pakai jersey Timnas Indonesia dan mengira mereka mata-mata. Park tidak senang,” kata Diana saat ditemui sesuai sesi jumpa pers.

“Park juga protes kenapa pertandingan berlangsung sore dan bukan malam hari. Park bilang bagaimana Indonesia mau jadi tuan rumah acara internasional kalau untuk keamanan saja tidak bisa menjamin,” ucapnya menjelaskan.

Anggota tim media asal Korea tersebut lantas menyampaikan drama yang terjadi dengan Park kepada Shin Tae Yong selepas jumpa pers. Shin terlihat tertawa saat mendengar penjelasan dari orang-orang senegaranya itu.

[Gambas:Video CNN]

(abs/har)






Sumber: www.cnnindonesia.com