Film  

Kontroversi Van Hau Langgar Kambuaya Tak Berujung Penalti

Timnas Indonesia layak mendapatkan hadiah penalti saat Ricky Kambuaya dilanggar Doan Van Hau pada leg pertama semifinal Piala AFF 2022.

Jakarta, CNN Indonesia

Timnas Indonesia layak mendapatkan hadiah penalti saat Ricky Kambuaya dilanggar Doan Van Hau pada leg pertama semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (9/1).

Momen itu terjadi pada masa injury time babak kedua. Kambuaya lebih dulu berupaya mengamankan bola di kotak penalti dan disusul gerakan Van Hau.

Bola berhasil dikontrol oleh Kambuaya namun pemain Persib Bandung itu kemudian terjatuh karena terkena gerakan kaki Van Hau. Ayunan kaki Van Hau mengenai kaki kanan Kambuaya.

Namun wasit Omar Mubarak tidak menganggap aksi Van Hau sebagai pelanggaran. Padahal Kambuaya sempat terlihat mengerang kesakitan karena dilanggar oleh Van Hau.

Van Hau jadi sorotan karena aksinya di laga ini. Bek kiri Vietnam itu melakukan pelanggaran berbahaya yang terlihat begitu jelas saat menghentikan pergerakan striker Timnas Indonesia, Dendy Sulistyawan.

Saat menjegal Dendy, Van Hau ikut terjatuh. Ia bahkan mengerang kesakitan. Momen itu yang kemudian sempat membuat suasana menjadi panas.

Pemain-pemain Indonesia pun ikut tersulut emosi sehingga kedua tim sempat terlibat adu mulut.

Timnas Indonesia sendiri harus puas dengan hasil imbang meski lebih banyak mendapatkan kesempatan mencetak gol. Dua peluang emas didapat Marselino Ferdinan dan Yakob Sayuri yang masih bisa dibendung kiper Vietnam Dang Van Lam.

[Gambas:Video CNN]

(jal/jun)









Sumber: www.cnnindonesia.com