Film  

Klub Liga 2 Ingin Kompetisi Lanjut Setelah Ketum PSSI Baru Terpilih

CEO Karo United Effendi Syahputra berencana menggugat PSSI dan PT LIB soal tanda tangan palsu jika tak ada penjelasan rinci soal penghentian Liga 2.

Jakarta, CNN Indonesia

Perwakilan klub-klub Liga 2 ingin melanjutkan kompetisi setelah Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI menghasilkan ketua umum, wakil ketua umum, dan anggota komite eksekutif yang baru.

Suara klub Liga 2 menggelar kompetisi di bawah pengurus baru PSSI terdengar jelas. Perwakilan klub-klub menilai keputusan pemberhentian kompetisi di tengah jalan secara sepihak oleh PSSI pada 12 Januari lalu mencederai kepercayaan mereka.

“Prinsipnya hasil keputusan rapat ini, kami minta kepada PSSI tidak untuk membuat putusan sepihak. Sudah sepakat dan sampaikan opsi yang kita setujui, liga ini ditunda sampai dengan pengurus PSSI baru terpilih. Barulah nanti mereka selesaikan kelanjutan liga 2, jadi tidak ada opsi liga diputar ulang lagi. Tapi menyelesaikan kompetisi,” ucap manajer Persipura Jayapura Yan Permenas Mandenas.

“Kita tahu Liga 2 di masa transisi PSSI. Mereka tidak mau lanjut, jadi dihentikan. Jadi kita sudah tahu duduk persoalan. Sedang kita sudah lihat dinamika di internal PSSI, jadi kita dorong masalah ini di rekomendasikan di bawa ke KLB untuk diputuskan kelanjutan liga ini untuk dilanjutkan,” tegasnya.

Yan menjelaskan mayoritas klub Liga 2 meminta kompetisi bergulir kembali dan berharap PSSI serta PT Liga Indonesia Baru bisa membuat kesimpulan hasil rapat yang transparan.

Harapan pada pengurus baru PSSI juga diutarakan CEO Karo United Effendi Syahputra yang merasa dibohongi dengan keberadaan surat palsu yang menjadi dasar Exco PSSI periode 2019-2023 menghentikan Liga 2.

“Jadi kami berharap kepengurusan baru bisa memutuskan. Apapun bentuknya, kompetisinya ini mayoritas klub yang menyatakan siap ikut melanjutkan kompetisi Liga 2. Kita tunggu kepengurusan baru nanti, kita mendorong dan memilih exco2 yg berani menyuarakan kelanjutan liga ini,” tutur Effendi.

Eks pemain Timnas Indonesia yang kini menjadi pemain dan manajer Bekasi City mengkritik orang-orang di dalam PSSI yang dituding mengambil keputusan sembarangan.

“Jadi sepakbola jangan dibuat semaunya oleh beberapa pihak. Sepakbola punya PSSI, tetapi bukan segelintir orang di dalamnya tetapi federasinya. Dan masyarakat tentu ada di belakang orang-orang yang mau memajukan sepakbola Indonesia, dan bukan yng mau memundurkan,” kata Hamka.

PSSI pada 12 Januari 2023 menyatakan memberhentikan kompetisi Liga 2. Klub-klub level kedua di Indonesia pun merasa tak puas dengan keputusan tersebut dan kemudian bergerak dengan melakukan pembicaraan dengan Menpora Zainudin Amali serta bertemu dengan PT Liga Indonesia Baru. Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus menyatakan Liga 2 direncanakan kembali bergulir pada 24 Februari.

[Gambas:Video CNN]

(ikw/nva)






Sumber: www.cnnindonesia.com