Just another website
Indeks
Film  

Jordi Amat, Pemain Naturalisasi Indonesia DNA Tim Matador

Dua pemain Timnas Indonesia, Saddil Ramdani dan Jordi Amat berpotensi bentrok dalam pertandingan semifinal Piala Malaysia.
Jakarta, CNN Indonesia

Jordi Amat akhirnya resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah menjalani prosesi sumpah di Kanwil Kemenkumham, Kamis (17/11).

Nama Jordi mulai dikait-kaitkan dengan Timnas Indonesia pada 2018. Setiap kali pemain kelahiran 21 Maret 1992 mengunggah foto di media sosial, ada saja yang memintanya menjadi WNI.

Awalnya Jordi tak terlalu menghiraukan pesan-pesan yang berserakan tersebut. Mantan pemain Espanyol ini baru mulai serius menanggapi pada 2020, saat Shin Tae Yong datang.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut secara terbuka berniat melakukan naturalisasi pemain keturunan Indonesia di Eropa. Untuk itu Shin meminta para asistennya mengumpulkan data-data.

Pada akhir 2021 Shin mengajukan sejumlah nama pemain keturunan ke PSSI, termasuk Jordi. Namun PSSI tak langsung memprosesnya. Pada 2022 PSSI baru mulai melakukan penjajakan.

Untuk menindaklanjuti hal tersebut PSSI sampai mengutus Hasani Abdulgani, salah satu anggota Komite Eksekutif (Exco) untuk bertemu langsung. Dokumen Jordi coba dipastikan.

Tepatnya pada April 2022, PSSI secara resmi mengajukan nama Jordi ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) untuk dinaturalisasi. Selain Jordi ada satu pemain naturalisasi lainnya, Sandy Walsh.

Dari Kemenkumham dokumen naturalisasi mantan pemain Spanyol U-21 ini diajukan ke Sekretariat Negara. Diketahui Jordi merupakan salah satu pemain Spanyol U-17 di Piala Dunia U-17 2009.

Ketika itu Jordi bermain dengan Koke, Iker Muniain, Isco, Pablo Sarabia, juga Alvaro Morata. Dua nama terakhir masih membela Spanyol dalam daftar skuad Piala Dunia 2022 di Qatar.

Dari Setneg lantas diajukan ke DPR RI. Keduanya lantas diminta mengikuti sidang di DPR melalui telekonferensi pada Agustus. Komisi III dan X DPR pun menyetujui naturalisasinya.


Tepat pada 9 November, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) Pemberian Kewarganegaraan Republik Indonesia ke Jordi dengan nomor surat lima (5).

Pada Kamis (17/11), Jordi resmi mengucap sumpah jadi WNI. Dengan demikian Jordi berpeluang membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

[Gambas:Video CNN]

(abs/jun)






Sumber: www.cnnindonesia.com