Film  

Insiden Kaki Azmi ke Wajah Doan Van Hau, Pelajaran untuk Indonesia

Insiden kartu merah Azam Azmi karena mengarahkan kaki ke wajah Doan Van Hau bisa jadi pelajaran penting bagi pemain-pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Jakarta, CNN Indonesia

Insiden kartu merah yang diterima oleh Azam Azmi karena mengarahkan kaki ke wajah Doan Van Hau bisa jadi pelajaran penting bagi pemain-pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Insiden tersebut terjadi di luar lapangan, tepatnya di dekat papan iklan. Saat itu Kaki Azmi mendarat di wajah Doan Van Hau.

Doan Van Hau mengeluh kesakitan dan akhirnya wasit Ryuji Sato memutuskan memberikan penalti untuk Vietnam. Tak hanya penalti, Azmi juga terkena kartu merah.

Dalam insiden tersebut, pemain-pemain Malaysia terlihat melakuan protes pada keputusan wasit. Dari aturan yang ada, aksi yang dinilai pelanggaran oleh wasit, walaupun berada di luar area lapangan, tetap berbuah tendangan bebas. Ketika pelanggaran itu terjadi di luar lapangan namun dekat dengan kotak penalti, otomatis hukuman penalti diberikan pada pihak yang dinilai melanggar.

Walaupun banyak yang menilai Doan Van Hau lebih dulu melakukan dorongan pada Azmi sesaat sebelum bola keluar, Azmi tetap dinilai bersalah lantaran menempatkan kakinya ke wajah Doan Van Hau ketika keduanya terjatuh.

Insiden Doan Van Hau vs Azmi ini bisa jadi pelajaran untuk pemain-pemain Timnas Indonesia. Pemain Timnas Indonesia wajib disiplin dan tetap menjaga perilaku tersebut walaupun mereka sudah di luar area lapangan.

Pasalnya tindakan kasar, atau bahkan tindakan yang sekadar jahil, bisa jadi kerugian besar untuk tim secara keseluruhan. Azmi dan Malaysia sudah membuktikan hal tersebut.

Sebelum insiden Azmi vs Doan Van Hau, Malaysia sedang unggul pemain dan tampil agresif untuk mengejar ketinggalan 0-1. Setelah penalti diberikan, Vietnam bisa menggandakan keunggulan menjadi 2-0 lewat Que Ngoc Hai.

Malaysia lalu makin kesulitan mengimbangi Vietnam usai insiden tersebut. Malaysia akhirnya kalah 0-3 di akhir laga.

[Gambas:Video CNN]

(ptr)









Sumber: www.cnnindonesia.com