Film  

Hasil Piala AFF 2022: Thailand Cukur Filipina 4-0

Thailand mengemas kemenangan besar dalam laga lanjutan fase grup Piala AFF 2022 ketika bertemu Filipina di Stadion Thammasat, Senin (26/12) malam.

Jakarta, CNN Indonesia

Thailand mengemas kemenangan besar dalam laga lanjutan fase grup Piala AFF 2022 ketika bertemu Filipina di Stadion Thammasat, Senin (26/12) malam.

Thailand langsung unggul cepat pada menit ketiga lewat sundulan striker gaek Teerasil Dangda. Gol sundulan Dangda itu tercipta setelah memanfaatkan assist tendangan bebas Theerathon Bunmathan dari sisi kanan.

Tuan rumah bisa mencetak gol pada menit keenam. Akan tetapi gol Suphanan Bureerat hasil dari umpan terobosan Theerathon Bunmathan dianulir karena lebih dahulu offside.

Filipina terus dalam tekanan Thailand. Pada menit ke-21 tendangan Bureerat diamankan kiper Julian Schwazer.

Tim asuhan Alexandre ‘Mano’ Polking ini tidak memberikan kesempatan kepada Filipina untuk berkembang. Meski terus menyerang lawan, namun Thailand kesulitan menambah gol.

Ekanit Panya membuang peluang pada menit ke-39. Sundulan Panya yang coba memaksimalkan umpan silang Bunmathan dari sisi kanan masih melebar.

Gajah Perang memiliki kans menambah gol setelah diberikan penalti oleh wasit Yudai Yamamoto asal Jepang. Penalti itu terjadi setelah Amani Aguinaldo melanggar Ekanit Panya pada menit ke-39.

Eksekusi yang dilakukan Dangda pada menit ke-41 berjalan mulus. Tendangan Dangda ke sisi kiri kiper mengecoh Schwazer yang bergerak ke kanan. Thailand unggul 2-0 atas Filipina pada babak pertama.

Thailand menambah keunggulan jadi 3-0 pada menit ke-57 melalui sontekan Adisak Kraisorn. Umpan matang mendatar Teerasil Dangda dimanfaatkan dengan baik oleh Kraisorn.

Skor kembali berubah enam menit kemudian. Sebuah tusukan dari sayap kiri melalui Bordin Phala kemudian dimanfaatkan dengan baik oleh Suphanan Bureerat.

Filipina kemudian mencoba bangkit dan berupaya mencetak gol pada sisa laga, namun skuad The Azkals tak bisa menjaringkan bola hingga laga bubar. Demikian pula Thailand yang masih memiliki peluang.

Skor 4-0 untuk Thailand menjadi hasil akhir sehingga membuat skuad asuhan Mano Polking memimpin klasemen Grup A dengan enam poin dan selisih gol plus sembilan.

Susunan pemain inti Thailand vs Filipina:

Thailand: Phoothawchuek; Haiprakhon, Kritsada Kaman, Pansa Hemviboon, Suphanan Bureerat; Bordin Phala, Theerathon Bunmathan, Sarach Yooyen, Ekanit Panya; Teerasil Dangda, Addisak Kraisorn.

Filipina: Schwarzer, Audie Menzi, Simen Lyngbo, Amani Aguinaldo, Jefferson Tabinas; Oliver Bias, Arnel Amita, Jesus Melliza, Mark Hartmann; Stephan Schrock, Kenshiro Daniels

[Gambas:Video CNN]

(sry/nva)









Sumber: www.cnnindonesia.com