Film  

Gara-gara Tiga Bek Ala STY, Thailand Kalahkan Vietnam di Piala AFF

Formasi tiga bek Timnas Indonesia ala Shin Tae Yong jadi alasan Thailand kalahkan Vietnam untuk juara Piala AFF 2022.

Jakarta, CNN Indonesia

Formasi tiga bek Timnas Indonesia ala Shin Tae Yong jadi alasan Thailand kalahkan Vietnam untuk juara Piala AFF 2022.

Thailand juara Piala AFF 2022 dengan kemenangan agregat 3-2 atas Vietnam. Usai bermain imbang 2-2 pada final leg pertama di My Dinh, Thailand menang 1-0 atas Vietnam pada leg kedua di Thammasat.

Dalam wawancara dengan Zingnews, Alexandre Polking terang-terangan mengatakan belajar dari Timnas Indonesia guna mengalahkan Vietnam pada leg kedua final Piala AFF.

Selama fase grup, Gajah Perang kerap menggunakan formasi 4-3-3 atau 4-4-2. Tetapi pada leg kedua final Piala AFF 2022, Polking memainkan tiga bek tengah seperti yang kerap dimainkan Shin Tae Yong.

“Misalnya Indonesia, mereka bermain sangat sengit melawan Vietnam [di semifinal], dengan sistem yang sama,” ujar Polking.

“Ide [formasi tiga bek] ini sepenuhnya bisa datang dari Indonesia sendiri karena mereka juga punya pelatih yang sangat bagus,” ucap Polking menambahkan.

Pada leg pertama semifinal Piala AFF di GBK, Vietnam tidak banyak berkutik melawan Skuad Garuda. Akan tetapi Vietnam menang 2-0 pada leg kedua semifinal. Laga semifinal itu yang dipelajari Mano Polking sebagai bekal di leg kedua final.

“Saya mengamati Vietnam tidak dapat menciptakan banyak peluang melawan skema itu,” kata Polking.

Di mata Mano Polking, pemain bagus tidak cukup memenangkan pertandingan, namun juga membutuhkan analisis yang baik.

“Inilah yang ingin saya katakan tentang pekerjaan saya. Terkadang Anda membutuhkan pemain bagus. Dan tidak hanya itu, Anda juga membutuhkan analis yang baik. Kami banyak berbicara, berdiskusi apakah tim pelatih saya memiliki strategi yang tepat, mempersiapkan segalanya untuk setiap pertandingan,” tutur Polking.

[Gambas:Video CNN]

(sry)






Sumber: www.cnnindonesia.com