Film  

Gajah Putih Jadi Maskot PON 2024 dari Aceh

Menpora Zainudin Amali mengenalkan maskot gajah putih atau Po Meurah untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Jakarta, CNN Indonesia

Menpora Zainudin Amali mengenalkan maskot gajah putih atau Po Meurah untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 dalam acara launching di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Sabtu (28/1).

Maskot gajah putih itu dibalut dengan kain tenun asal Aceh berwarna kuning dan kupiah meukeutop yang disematkan di atas kepala gajah. ‘Bersatu Kita Juara’ menjadi jargon untuk PON kali ini.

Maskot dari Aceh itu nantinya akan disandingkan dengan maskot dari Sumatera Utara. Kedua daerah ini akan jadi tuan rumah PON 2024 yang dibuka pada 8 September 2024.

“Hari ini, khusus maskot, tagline dan logo untuk Aceh. Besok ke Sumut melakukan hal yang sama. Ini jadi penanda bahwa Aceh-Sumut di 2024 akan jadi tuan rumah dan pembukaannya di Aceh,” kata Amali.

Amali mengatakan PON 2024 merupakan kali pertama digelar di dua provinsi berbeda. Meski begitu, ada target khusus yang hendak dicapai di dua provinsi tersebut.

Masing-masing yaitu target penyelenggaraan secara bersama, peningkatan prestasi hingga meningkatkan ekonomi ke dua daerah. Kata dia bukan tidak mungkin ke depan pelaksanaan PON akan digelar di dua provinsi lagi.

“Jadi itu harus berdampak, karena kita sudah keluarkan semua dan kita berharap ada dampaknya khususnya ekonomi,” ucap Amali.

Amali juga mengingatkan Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki agar tidak meremehkan seluruh bentuk administrasi pada pelaksanaan PON ke XXI khususnya untuk wilayah Aceh.
“Jangan sampai kita menganggap remeh urusan administrasi, dan setelah kegiatan PON bermasalah di administrasi. Ini harus dijaga betul pak Ketua PB PON, Pj Gubernur dan seluruh panitia,” kata Amali.

Pelaksanaan PON, kata Zainuddin, di samping untuk menunjukkan prestasi olahraga dari para atlet. juga ditujukan agar daerah pelaksana mendapatkan manfaat besar.

“Dampak ekonomi harus bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat yang ada di tempat-tempat venue pelaksanaan kegiatan maupun tempat penginapan,” ujarnya.

[Gambas:Video CNN]

(dra/har)






Sumber: www.cnnindonesia.com