Film  

Erick Thohir, Gaungkan Nyali untuk Ubah PSSI

Erick Thohir resmi menjadi bakal calon Ketua Umum PSSI 2023-2027. Berikut rekam jejak Erick Thohir di dunia sepak bola.

Jakarta, CNN Indonesia

Erick Thohir resmi menjadi bakal calon Ketua Umum PSSI 2023-2027. Berikut rekam jejak Erick Thohir di dunia sepak bola.

Pengusaha berbagai bidang industri itu bukan orang baru dalam dunia olahraga Indonesia dan internasional, termasuk sepak bola. Ia sudah pernah menangani klub sepak bola kelas dunia.

Ia mengawali kiprah olahraga di bidang bola basket. Erick menjadi ketua umum Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) periode 2006-2010.

Pria kelahiran 30 Mei 1970 itu melebarkan sayapnya ke sepak bola saat menjadi Wakil Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) pada 2011.

Namanya semakin melambung saat memiliki saham mayoritas klub MLS Amerika Serikat, DC United, pada 2012. Itu dilakukannya setelah bergabung dalam konsorsium yang membeli klub NBA Philadelphia 76ers setahun sebelumnya.

Erick melebarkan sayapnya ke Eropa saat membeli saham mayoritas sebesar 70 persen klub Liga Italia Inter Milan pada September 2013. Sebulan kemudian Erick terpilih menjadi Presiden Klub Inter Milan.

Setelah melego Inter Milan pada 2016 dan DC United pada 2018, Erick bekerjasama dengan Anindya Bakrie untuk mengakuisisi klub Inggris Oxford United.

Di Indonesia, Erick Thohir juga sudah malang-melintang dalam bisnis olahraga. Ia turut membawa Satria Muda ke puncak kejayaan basket nasional.

Setelah memimpin Perbasi, Erick terpilih menjadi ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) periode 2015-2019. Di eranya, Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

Ia juga menggeluti dinamika sepak bola lokal. Perusahaan yang dikendalikan Erick Thohir, Mahaka, menjadi operator Piala Presiden edisi pertama pada 2015. Erick saat ini juga memiliki saham Persis Solo dengan menggandeng putra Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep.

Erick resmi menyerahkan berkas pendaftaran sebagai calon ketua umum PSSI periode 2023-2027 pada Minggu (15/1). Ia menyatakan kesiapan memimpin badan sepak bola nasional.

“Sudah banyak teori dalam perbaikan sepak bola Indonesia. Betul enggak? Banyak teori, banyak konsep. Sebenarnya yang perlu dilakukan adalah kita bernyali untuk sepak bola yang bersih dan berprestasi. Itu yang terpenting,” ujar Erick usai mendaftar.

Erick yang kini menjabat Menteri BUMN datang ke Kantor PSSI bersama para sosok tenar di lingkup sepak bola nasional seperti Direktur Persib Bandung Teddy Tjahjono dan Exco PSSI Hasani Abdulgani.

Tak hanya itu, Erick juga ditemani sejumlah selebritas nasional seperti Raffi Ahmad, Atta Halilintar dan Baim Wong.

“Karena itu saya terima kasih kepada voters yang datang. Ada pak Teddy, Persis, Rans [Nusantara], Atta [Halilintar] dan ada mas Baim yang melirik industri sepak bola. Saya terima kasih pada voters,” ujar Erick.

[Gambas:Video CNN]

(ikw/har)






Sumber: www.cnnindonesia.com