Film  

Daniele Orsato Si Pelit Kartu Merah Pimpin Argentina vs Kroasia

Wasit asal Italia Daniele Orsato bakal memimpin laga Argentina vs Kroasia pada babak semifinal Piala Dunia 2022.

Jakarta, CNN Indonesia

Wasit asal Italia Daniele Orsato bakal memimpin laga Argentina vs Kroasia pada babak semifinal Piala Dunia 2022.

Orsato merupakan wasit dengan jam terbang tinggi di kompetisi Eropa. Musim 2022/2023, Orsato memimpin belasan pertandingan yang di antaranya terdiri dari laga Serie A, Serie B, UEFA Nations League, serta Liga Champions. Orsato juga tercatat memimpin pertandingan liga Arab Saudi.

Dari 13 pertandingan yang dipimpin sejak awal musim ini, Orsato tidak pernah mengeluarkan kartu merah secara langsung. Satu-satunya kartu merah dikeluarkan setelah ia memberi dua kartu kuning pada laga pekan keenam Liga Italia Serie A antara Bologna dan Fiorentina.

Musim lalu Orsato yang menjadi pengadil dalam 29 laga juga tidak pernah memberikan kartu merah secara langsung.

Kendati demikian bukan berarti Orsato alergi terhadap kartu merah. Pada musim 2020/2021, ada lima kartu kuning dari 33 pertandingan yang dipimpin wasit 47 tahun tersebut.

Dilansir dari Transfermarkt, Orsato sudah 550 kali menjadi wasit di berbagai kompetisi dan mengeluarkan 2.589 kartu kuning, 76 kartu merah tidak langsung, dan 64 kartu merah langsung.

Selain itu Orsato juga memutuskan 144 penalti sepanjang kariernya.

Pria yang mendapat penghargaan wasit terbaik dari lembaga sepak bola IFFHS pada 2020 tak asing dengan laga-laga sengit.

Beberapa pertandingan yang pernah dipimpinnya adalah laga 16 besar Liga Champions 2018/2019 ketika Manchester United bertemu PSG. Dalam laga itu Orsato mengeluarkan enam kartu kuning untuk MU dan empat kartu kuning untuk PSG.

Orsato pun menjadi perwakilan korps baju hitam dalam laga final Liga Champions 2020 antara PSG vs Bayern Munchen.

Sudah mendapat lisensi wasit FIFA sejak 2010, Orsato baru memimpin laga Piala Dunia pada tahun ini. Pria asal Vicenza itu juga baru ikut sekali di ajang Piala Eropa pada tahun lalu.

Pada Piala Dunia tahun ini, Orsato sudah memimpin dua pertandingan. Laga pembuka perhelatan akbar di Qatar antara tuan rumah melawan Ekuador jadi panggung pertama Orsato di turnamen empat tahunan.

Setelah itu Orsato juga memimpin laga ketika Argentina menang 2-0 atas Meksiko pada fase grup.

Wasit mendapat sorotan khusus pada babak perempat final. Argentina dan Portugal sama-sama mempermasalahkan wasit dalam laga tersebut.

[Gambas:Video CNN]

(nva/sry)









Sumber: www.cnnindonesia.com