Film  

Apa Agenda Setelah Kongres Biasa PSSI 2023?

Kongres Biasa PSSI 2023 rampung digelar pada Minggu (15/1). Apa agenda lanjutan setelah Kongres Biasa PSSI?

Jakarta, CNN Indonesia

Kongres Biasa PSSI 2023 rampung digelar pada Minggu (15/1). Apa agenda lanjutan setelah Kongres Biasa PSSI?

Kongres Biasa PSSI 2023 membuahkan beberapa hasil, salah satunya adalah pengesahan Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP).

KP dan KBP bertanggungjawab mengurus seluruh hal yang berkaitan dengan pemilihan ketua umum, wakil ketua umum, serta anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI periode 2023-2027.

Terdapat 11 nama yang mengisi posisi KP dan KBP. Sebanyak tujuh orang ada di KP, kemudian empat orang di KBP.

KP dipimpin oleh Amir Burhanuddin, sedangkan KBP dikepalai oleh Gusti Randa. Keduanya tidak asing dalam scope sepak bola lokal. Amir merupakan CEO Deltras FC, sementara Gusti adalah mantan anggota Komite Eksekutif PSSI.

KP dan KBP harus bekerja cepat melakukan verifikasi berkas bakal calon ketua umum hingga melakukan penunjukan calon tetap.

Sebab terhitung 30 hari sejak Kongres Biasa PSSI digelar, terdapat agenda selanjutnya yaitu Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI pada 16 Februari mendatang.

Dalam KLB PSSI bulan depan, terdapat agenda penting yaitu memilih Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan anggota Exco PSSI. KLB PSSI dipercepat setelah FIFA memberi respons atas surat PSSI yang mengajukan KLB digelar lebih awal.

Hingga saat ini, ada dua nama bakal calon ketua umum PSSI. Mereka adalah La Nyalla Mattalitti dan Erick Thohir. Kemudian terdapat satu bakal calon wakil ketua umum yakni Ratu Tisha Destria.

La Nyalla menjadi orang pertama yang menyerahkan berkas pencalonan pada Jumat (13/1). Sedangkan Erick resmi mendaftarkan diri pada Minggu (15/1) disusul oleh Ratu Tisha di hari yang sama.

Ketua Umum PSSI 2019-2023 Mochamad Iriawan alias Iwan Bule menyatakan tidak akan maju sebagai calon ketua umum. Masa kerja satu periode baginya sudah cukup untuk memimpin badan sepak bola nasional.

[Gambas:Video CNN]

(ikw/nva)






Sumber: www.cnnindonesia.com