Just another website
Indeks
Film  

Agresi Rusia ke Ukraina Jadi Tantangan Olimpiade 2024

Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach menyebut tantangan Olimpiade saat ini adalah agresi militer Rusia terhadap Ukraina.

Jakarta, CNN Indonesia

Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach menyebut tantangan Olimpiade saat ini adalah agresi militer Rusia terhadap Ukraina.

Bach menyebut tantangan penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020 dan Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 adalah pandemi Covid-19. Menurutnya wabah penyakit yang mendunia sangat memengaruhi segala persiapan ajang besar.

Namun jelang penyelenggaraan Olimpiade Paris 2024, Bach menyampaikan tantangan terbesar datang dari konflik Rusia dengan Ukraina. Hal itu ia sampaikan dalam pidato pada agenda KTT G-20 di Bali, Selasa (14/11).

“Olimpiade Tokyo dan Beijing 2022 adalah bukti dari kebangkitan pandemi. Tapi sekarang tantangan Olimpiade adalah agresi Rusia terhadap Ukraina,” kata Bach.

Presiden IOC mengambil sikap mendukung Komite Olimpiade Ukraina terhadap dampak yang diakibatkan konfrontasi Rusia. Ia menyebut tindakan yang dilakukan Rusia adalah bentuk tak terpuji.

“Kekerasan Rusia mencederai nila-nilai Olimpiade. Kami mendukung atlet dan Komite Olimpade Ukraina dengan mengirim rasa solidaritas kami,” ujar Bach.

Di satu sisi, Bach menyampaikan sudah seharusnya ajang olahraga bebas dari kepentingan politik apapun. Menurutnya, ada beberapa negara yang mengirim atlet untuk mendukung agenda politik tertentu alih-alih berdasarkan kualitas sang atlet.

“Jika olahraga terus diperlakukan seperti ini hanya untuk mendukung kepentingan politik, olahraga internasional akan runtuh,” ucap Bach.

“Keputusan atlet untuk ikut kompetisi seharusnya murni dari hal-hal olahraga. Jika tidak begitu, olahraga tidak bisa jadi alat persatuan,” katanya menambahkan.

[Gambas:Video CNN]

(jun)






Sumber: www.cnnindonesia.com