Just another website
Indeks
Film  

5 Kelemahan Slovakia yang Bisa Dieksploitasi Indonesia U-20

Timnas Indonesia U-20 akan menghadapi Slovakia U-20 dalam turnamen bertajuk Costa Calida Region de Murcia Football Week 2022 di Spanyol, Sabtu (19/11).

Jakarta, CNN Indonesia

Timnas Indonesia U-20 akan menghadapi Slovakia U-20 dalam turnamen bertajuk Costa Calida Region de Murcia Football Week 2022 di Spanyol, Sabtu (19/11).

Mengacu pertandingan perdana Slovakia U-20 saat kalah 2-3 dari Jepang U-20, Kamis (17/11), sedikitnya ada lima kelemahan mereka yang bisa dieksploitasi tim asuhan Shin Tae Yong ini.

Kelima kelemahan tersebut berdasarkan ungkapan Albert Rusnak, pelatih Slovakia U-20, melalui situs resmi. Kekalahan melawan Jepang tersebut akan coba diperbaiki Rusnak saat bentrok dengan anak-anak Garuda Muda.

Kelemahan Slovakia pertama yang disebutkan Rusnak adalah mudah kehilangan penguasaan bola. Pressing yang dilakukan lawan disikapi pemain dengan panik sehingga kontrol permainan tak berjalan lancar.

Kemudian yang kedua, pertahanan Slovakia U-20 disebut Rusnak buruk. Sistem pertahanan ini yang membuat Jepang bisa nyaman melakukan tekanan dan berbuah tiga gol untuk kemenangan mereka.

“Apa yang membuat kami kalah [dari Jepang]? Kami memulai pertandingan dengan baik, di mana kami aktif dan setelah sundulan yang berakhir di mistar gawang, kami mampu memimpin,” kata Rusnak.

“Kemudian kami mulai kehilangan penguasaan bola dengan mudah, lawan mengambil inisiatif dan memanfaatkan pertahanan kami yang buruk di dalam kotak untuk memimpin,” ucapnya dilansir dari laman resmi federasi.

Kelemahan ketiga, Slovakia U-20 mudah kebobolan dalam sistem permainan yang biasa. Dua gol Jepang U-20, menurut Rusnak, tercipta dengan skema permainan yang tidak istimewa dan gagak diantisipasi.

Keempat, komunikasi antar–lini tidak berjalan optimal. Hal ini yang membuat Jepang U-20 bisa mengembangkan permainan dan menekan pertahanan Slovakia dengan leluasa. Hal ini diharapkan tak terjadi lagi saat lawan Indonesia.

“Pad babak kedua kami ingin mempercepat permainan. Lebih agresif. Kami kebobolan gol kedua setelah situasi standar, di mana pemain kami bertabrakan dengan penjaga gawang,” ujar Rusnak menjelaskan.

Terakhir atau kelima, sistem pertahanan Slovakia kurang sigap dalam mengantisipasi serangan cepat. Hal ini paling dikhawatirkan, sebab Indonesia yang habis kalah dari Prancis punya lini serang cepat.

“Gol ketiga lawan [Jepang U-20] tercipta karena kami gagal bertahan dalam mengantisipasi umpan cepat lawan,” kata Rusnak yang yakin bisa mengalahkan Indonesia dalam pertandingan di Pinatar Arena.

[Gambas:Video CNN]

(abs/sry)






Sumber: www.cnnindonesia.com