Film  

5 Aksi Kejam Doan Van Hau di Piala AFF 2022

Sejumlah perilaku brutal dilakukan bek kiri Vietnam Doan Van Hau di Piala AFF 2022, salah satunya saat Indonesia vs Vietnam.

Jakarta, CNN Indonesia

Sejumlah perilaku brutal dilakukan bek kiri Vietnam Doan Van Hau di Piala AFF 2022. Berikut kompilasi aksi brutal Van Hau di Piala AFF 2022.

Doan Van Hau kembali menjadi kontroversi di Piala AFF 2022. Pada leg pertama semifinal Piala AFF 2022 melawan Indonesia, Van Hau tercatat dua kali berbuat kasar kepada pemain Skuad Garuda.

Duel Timnas Indonesia vs Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sendiri berakhir imbang 0-0, Jumat (6/1).

Van Hau sejak lama menjadi sorotan karena permainan licik. Beruntung bagi pemain 23 tahun itu, karena selalu mujur dari hukuman wasit, khususnya kartu merah.

Permainan kasar itu kembali terjadi di Piala AFF tahun ini. Tidak saja satu-dua kali, melainkan lima insiden ‘besar’ yang melibatkan Doan Van Hau terjadi pada turnamen yang digelar dua tahun sekali itu.

Menariknya lima insiden besar karena perilaku Van Hau itu terjadi saat Vietnam melawan Malaysia di babak grup dan Indonesia pada leg pertama semifinal Piala AFF 2022.

Berikut 5 Aksi Kejam Doan Van Hau di Piala AFF 2022:

1. Azam Azmi

Doan Van Hau menyikut Azam Azmi yang hendak merebut bola di kotak penalti Vietnam pada menit ke-16. Dalam video yang beredar di media sosial, Van Hau jelas menyikut wajah Azmi dengan sikut kanan. Tidak ada kartu merah untuk aksi Van Hau itu.

2.Sharul Nazeem

Setelah Azmi, giliran Sharul Nazeem yang ‘dikerjai’ Van Haum. Saat berduel, Van Hau memukulkan tangan kanan ke belakang yang mengenai dada Nazeem. Menyadari dipukul dengan sengaja, Nazeem membalas memukul kepala Van Hau dari belakang.

3. Azam Azmi

Azam Azmi dua kali terlibat insiden dengan Doan Van Hau pada laga di babak Grup B di Stadion My Dinh. Petaka bagi Azmi dan Malaysia dalam ‘pertarungan kedua’ dengan Van Hau.

Pasalnya Azmi dikartu merah dan Malaysia kebobolan lewat penalti pada menit ke-56. Insiden itu bermula dari Azam Azmi yang didorong Van Hau hingga membentur papan iklan.

Saat keduanya tergeletak di lapangan, Azmi melayangkan kaki kanan yang mengenai kepala Van Hau. Azmi dikartu merah dan Malaysia dihukum penalti.

4. Dendy Sulistyawan

Tidak cukup jadi sorotan lawan Malaysia, Van Hau kembali berulah saat melawan Indonesia di leg pertama semifinal Piala AFF 2022. Pada menit ke-54, Van Hau menekel Dendy dengan kedua kaki. Tidak ada kartu merah, bahkan kartu kuning untuk Van Hau. Meskipun banyak pihak yakin aksi Van Hau itu layak dikartu merah.

5. Ricky Kambuaya

Van Hau tidak kenal waktu dalam melakukan ‘trik’ kotor di lapangan. Pada menit injury time babak kedua, kaki Kambuaya yang berhasil menyentuh bola lebih dahulu dihajar Van Hau. Tidak ada pelanggaran apalagi penalti untuk Indonesia.

[Gambas:Video CNN]

(sry/har)









Sumber: www.cnnindonesia.com