Film  

3 Strategi Maut Vietnam yang Harus Diwaspadai Indonesia

Insiden kartu merah Azam Azmi karena mengarahkan kaki ke wajah Doan Van Hau bisa jadi pelajaran penting bagi pemain-pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Jakarta, CNN Indonesia

Timnas Indonesia harus mewaspadai tiga strategi menyerang Vietnam di semifinal Piala AFF 2022.

Indonesia akan menjamu Vietnam pada pertandingan semifinal leg pertama Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada Jumat (6/1).

Tim asuhan Shin Tae Yong setidaknya harus mewaspadai tiga strategi andalan Vietnam dalam melancarkan serangan. Tiga strategi ini yang paling sering terlihat digunakan Vietnam pada fase grup Piala AFF 2022.

1. Bermain Positif

Timnas Vietnam selalu mengutamakan permainan positive football atau selalu berusaha mengalirkan bola ke depan. Strategi ini menguatkan Vietnam sebagai tim berkarakter menyerang dan selalu berusaha menempatkan lawan dalam tekanan.

Setiap peluang menguasai bola mereka akan selalu mengalirkan bola ke depan baik lewat umpan pendek, umpan terobosan, atau direct.

Strategi ini dapat diantisipasi oleh pertahanan Indonesia dengan bermain disiplin, fokus, dan ‘tidak ambil sekali’ atau tidak melakukan tekel langsung tanpa perhitungan matang.

2. Tembakan dari Luar Kotak

Vietnam juga akan terus melancarkan serangan dengan intensitas tinggi hingga membuat lawan merasa tertekan dan panik.

Salah satu cara mereka memberikan tekanan dengan memperbanyak percobaan tembakan ke gawang lawan. Strategi ini harus diwaspadai oleh pertahanan dan kiper Indonesia, karena Vietnam punya penendang-penendang akurat dan kuat dari luar kotak penalti.

Sebagai antisipasinya, para pemain bertahan Indonesia harus pintar dalam membaca permainan Vietnam dan harus cepat dalam menutup setiap lubang yang bisa dimanfaatkan Vietnam untuk melancarkan tembakan dari luar kotak penalti.

3. Umpan Silang

Strategi menyerang yang juga kerap digunakan Vietnam adalah dengan mengirimkan umpan silang atau crossing dari sisi sayap ke jantung pertahanan lawan.

Skema ini kerap membahayakan, bahkan sukses berbuah gol karena Vietnam punya penyerang yang kuat dalam memanfaatkan bola-bola atas, salah satunya Nguyen Tien Linh yang punya postur tinggi besar.

Strategi Vietnam ini bisa diantisipasi dengan kesigapan pemain belakang Indonesia dalam melakukan duel udara dan jangan biarkan pemain depan The Golden Star Warriors leluasa untuk melakukan sundulan. Selain itu kiper Timnas Indonesia juga bisa membantu dengan keluar dari areanya untuk melakukan antisipasi serangan udara Vietnam.

[Gambas:Video CNN]

(rhr/jun)









Sumber: www.cnnindonesia.com