Film  

3 Senjata Timnas Indonesia Hancurkan Brunei di Piala AFF 2022

Pelatih Kamboja Ryu Hirose memuji Pratama Arhan usai timnya kalah 1-2 dari Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Jakarta, CNN Indonesia

Timnas Indonesia punya tiga senjata untuk menghancurkan Brunei Darussalam dalam pertandingan Piala AFF 2022.

Indonesia akan menjalani pertandingan kedua Grup A Piala AFF 2022 dengan menghadapi tuan rumah Brunei di Stadion Kuala Lumpur, Malaysia, pada Senin (26/12).

Tim Garuda diharapkan bisa menang dengan skor besar saat menghadapi Brunei. Pasalnya, dua pesaing Indonesia di Grup A yakni Thailand dan Filipina berhasil menang besar saat mengalahkan Brunei. Thailand menang 5-0 atas Brunei, sedangkan Filipina menghajar The Hornets 5-1.

Setidaknya terdapat tiga senjata Timnas Indonesia untuk mengalahkan Brunei Darussalam dalam pertandingan ini. Berikut tiga senjata Indonesia hancurkan Brunei di Piala AFF 2022:

1. Umpan Crossing

Timnas Indonesia dapat melancarkan serangan ke pertahanan Brunei dengan mengandalkan umpan-umpan crossing. Hal ini karena Brunei memiliki kelemahan dalam mengantisipasi umpan-umpan lambung.

Terlebih Indonesia juga punya pemain-pemain sayap yang memiliki kecepatan dan memiliki kemampuan yang baik dalam mengirimkan umpan-umpan crossing di antaranya seperti Saddil Ramdani, Witan Sulaeman, Asnawi Mangkualam, dan Pratama Arhan.

Umpan-umpan crossing dari mereka diharapkan bisa memanjakan jajaran striker Timnas Indonesia seperti Ilija Spasojevic, Muhammad Rafli, dan Ramadhan Sananta.

[Gambas:Video CNN]

2. Main Pendek dan Cepat

Timnas Indonesia juga bisa memperagakan permainan pendek, simpel, dan cepat dalam membongkar pertahanan rapat Brunei.

Permainan pendek dan cepat ini sebenarnya sudah diperagakan oleh para pemain Indonesia saat menghadapi Kamboja, Jumat (23/12).

Namun, strategi ini hanya berjalan optimal di babak pertama dengan terciptanya dua gol untuk Indonesia. Artinya masih butuh konsistensi lebih dari para pemain untuk bisa menjalankan strategi ini dengan apik hingga akhir pertandingan.

Tetapi, untuk menjalankan strategi ini para pemain Indonesia dituntut untuk selalu bergerak membuka ruang dan meminta bola, serta harus bisa melepaskan umpan-umpan yang akurat dan kontrol yang sempurna.

3. Tembakan dari Luar Kotak Penalti

Timnas Indonesia juga bisa melakukan percobaan tembakan dari luar kotak penalti untuk membobol gawang Brunei Darussalam.

Langkah ini perlu dilakukan oleh Indonesia sebagai variasi dan untuk memecah kebuntuan jika sulit menembus pertahanan Brunei.

Apalagi Indonesia memiliki pemain-pemain yang punya tembakan bagus di antaranya seperti Marc Klok, Ricky Kambuaya, Saddil Ramdani, Witan Sulaeman, atau Egy Maulana Vikri.

(rhr)









Sumber: www.cnnindonesia.com