Film  

3 Pemain Filipina yang Ikut Tertawa Saat Membantai Indonesia 4-0

Timnas Filipina pada Piala AFF 2022 kali ini dihuni pemain-pemain senior, beberapa di antaranya punya pengalaman mengalahkan Timnas Indonesia dengan skor telak.

Jakarta, CNN Indonesia

Timnas Filipina pada Piala AFF 2022 kali ini dihuni pemain-pemain senior, beberapa di antaranya punya pengalaman mengalahkan Timnas Indonesia dengan skor telak.

Pelatih Josep Ferre mendaftarkan 23 nama yang terdiri dari pemain-pemain berpengalaman serta jebolan skuad junior.

Beberapa nama alumni Piala AFF edisi sebelumnya juga dibawa Ferre seperti Kevin Ray Mendoza, Stephan Schrock, dan Christian Rontini.

Sementara ada pemain lain yang pernah merayakan kemenangan atas Indonesia pada fase grup Piala AFF 2014.

Salah satu noktah dalam sejarah sepak bola Indonesia terjadi delapan tahun lalu di ajang sepak bola antarnegara Asia Tenggara.

Skuad Merah Putih yang ketika itu ditangani Alfred Riedl kalah telak dari Filipina di fase grup dan gagal melaju ke semifinal.

Berikut tiga pemain Filipina saat ini yang masuk dalam skuad Piala AFF 2014:

1. Amani Aguinaldo

Berbeda dengan dua pemain lain yang tampil pada Piala AFF 2014 dan kini masih memperkuat skuad Filipina, Aguinaldo turut bermain dalam laga delapan tahun silam.

Aguinaldo menjadi starter. Kala itu Aguinaldo yang masih berusia 19 tahun menjadi bek tengah, menghadapi serangan-serangan yang dibangun Syamsul Arif, Sergio Van Dijk, Boaz Solossa, dan Cristian Gonzales.

Pemain yang kini menjadi bagian klub Thailand Nakhon Ratchasima tersebut menjadi salah satu langganan skuad Filipina. Sejak 2013, Aguinaldo sudah tampil 48 kali menghuni skuad The Azkals.

2. Mark Hartmann

Salah satu muka lama di timnas Filipina ini sudah berpengalaman mengenakan jersey biru putih khas Azkals sejak 2011.

Pada Piala AFF 2014, Hartmann menempati bangku cadangan. Pemain yang bisa beroperasi sebagai penyerang dan gelandang serang itu tidak bermain hingga laga bubar.

Hartmann sudah punya pengalaman bermain di Piala AFF, namun belum pernah mencetak gol di ajang prestisius Asia Tenggara itu. Pemain yang pernah tampil di liga Thailand dan Malaysia tersebut mengoleksi 37 penampilan dan delapan gol bersama timnas Filipina.

Hartmann yang saat ini berusia 30 tahun menjadi salah satu pemain gaek di tim Filipina selain Schrock, Hikaru Minegishi, dan Jesus Meliza.


Kenshiro Daniels sudah mencetak tiga gol di Piala AFF 2022. (Photo by Ted ALJIBE / AFP)

3. Kenshiro Daniels

Atlet keturunan Amerika Serikat dan Filipina ini menjadi salah satu penghuni puncak top skor Piala AFF 2022 bersama tiga pemain lain.

Daniels sudah mencetak dua gol ke gawang Kamboja dan sebuah gol ke gawang Brunei Darussalam.

Delapan tahun lalu Daniels menjadi salah satu pemain junior yang dibawa pelatih Thomas Dooley ke Piala AFF 2014. Dalam laga melawan Indonesia, Daniels tidak dimainkan sama sekali.

Catatan Daniels sebagai penyerang tidak cukup produktif. Pemain 27 tahun itu baru mencetak empat gol dari 29 laga membela Filipina, namun Daniels bisa saja membawa petaka bagi Timnas Indonesia jika tidak dikawal dengan baik.

[Gambas:Video CNN]

(nva/nva)









Sumber: www.cnnindonesia.com