Film  

2 Pemain Timnas Indonesia Berpengalaman Benamkan Vietnam di Semifinal

Dari 23 pemain Timnas Indonesia yang dipanggil Shin Tae Yong, terdapat dua nama yang punya pengalaman menaklukkan Vietnam pada babak semifinal Piala AFF.

Jakarta, CNN Indonesia

Dari 23 pemain Timnas Indonesia yang dipanggil Shin Tae Yong ke Piala AFF 2022, terdapat dua nama yang punya pengalaman menaklukkan Vietnam pada babak semifinal.

Indonesia sudah memastikan langkah melaju dari fase grup Piala AFF 2022. Selanjutnya skuad Garuda akan berhadapan dengan Vietnam guna memperebutkan tiket ke partai final.

Pertandingan Indonesia vs Vietnam pada laga semifinal Piala AFF bukan kali pertama terjadi. Indonesia sudah pernah dua kali menggulung Vietnam di semifinal, tepatnya pada Piala AFF 2000 dan 2016.

Dari skuad tujuh tahun lalu, masih terdapat dua pemain yang kembali mengenakan jersey Merah Putih. Kedua pemain tersebut adalah bek tengah yang pada waktu itu menjadi andalan Alfred Riedl dan kali ini mendapat kepercayaan Shin.

1. Fachruddin Wahyudi Aryanto

Muka lama di barisan pertahanan yang selalu jadi andalan Shin sejak menangani Timnas Indonesia. Fachruddin dan Piala AFF adalah cerita seri yang tak pernah putus sejak 2012.

Dalam dua edisi terakhir Piala AFF, pemain Madura United itu bahkan dipercaya menjadi kapten. Pengalaman dan senioritas Fachruddin diharapkan bisa membimbing adik-adiknya di timnas.

Pada Piala AFF 2016, Fachruddin menjadi salah satu pemain yang jatuh bangun membentengi gawang Indonesia dari serangan Vietnam.

Fachruddin tidak tampil pada leg pertama di Stadion Pakansari karena mendapat akumulasi kartu kuning di fase grup. Posisinya saat itu digantikan Manahati Lestusen yang diturunkan Riedl dari gelandang bertahan.

Pada leg kedua di Stadion My Dinh, Fachruddin mengisi salah satu posisi dari tiga bek tengah yang diandalkan Riedl dalam formasi 1-5-4-1.

2. Hansamu Yama Pranata

Sempat absen di level timnas, Hansamu kini kembali. Ini merupakan kali pertama Hansamu masuk Timnas Indonesia yang berada di bawah arahan Shin.

Sebelumnya Hansamu adalah sosok yang cukup akrab dengan posisi center back. Sejak muncul di level U-19, Hansamu kemudian menjadi pemain pilihan Alfred Riedl, Luis Milla, hingga Simon McMenemy.


Hansamu Yama Pranata (kanan) punya kenangan manis menghadapi Vietnam di Piala AFF 2016. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Pemain asal Mojokerto itu bisa jadi akan menjadi pelapis pada laga semifinal mendatang mengingat Shin kerap memberi kesempatan pada duet Jordi Amat dan Fachruddin, namun Hansamu punya pengalaman tersendiri menghadapi Vietnam di semifinal Piala AFF 2016.

Hansamu merupakan pencetak gol pertama Timnas Indonesia ke gawang Vietnam pada semifinal Piala AFF tujuh tahun silam. Sundulannya merobek gawang skuad Golden Star dan membawa Indonesia menang 2-1 pada leg pertama sebelum kemudian bermain imbang 2-2 pada leg kedua.

Berbeda dengan Fachruddin yang hanya bermain sekali dalam semifinal Piala AFF 2016, Hansamu main dalam laga kandang dan tandang menghadapi Vietnam.

[Gambas:Video CNN]

(nva/rhr)









Sumber: www.cnnindonesia.com