Film  

2 Menteri, 4 Legenda Timnas, dan 1 ‘Sultan’ Bersaing Masuk PSSI

Prestasi sepak bola Indonesia tak istimewa, tetapi banyak orang dari berbagai latar belakang berebut tampil sebagai pengurus PSSI.

Jakarta, CNN Indonesia

Prestasi sepak bola Indonesia tak istimewa, tetapi banyak orang yang berebut tampil sebagai pengurus PSSI.

Tengok saja jelang Kongres Luar Biasa PSSI 2023 yang akan diselenggarakan 16 Februari. Tepat sebulan sebelum penyelenggaraan acara pemilihan ketua umum, wakil ketua umum, dan anggota komite eksekutif, beredar nama-nama calon yang datang dari kalangan tenar.

Dua nama yang langsung menarik perhatian adalah Ketua DPD RI yang juga pernah menjabat posisi Ketum PSSI La Nyalla Mattalitti dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Keduanya menjadi bakal calon Ketua Umum PSSI 2023-2027. Setelah itu muncul pula nama Ratu Tisha Destria yang menjadi bakal calon wakil ketua umum. Tisha sebelumnya pernah menjadi Sekretaris Jenderal PSSI.

Tak cuma berhenti pada tiga nama itu, setelah PSSI mengumumkan puluhan calon baik ketua umum, wakil ketua umum, hingga anggota komite eksekutif, muncul sosok-sosok yang tak asing.

Ternyata Erick tak sendiri, ada menteri lain yang juga masuk dalam daftar bakal calon yakni Zainudin Amali. Menteri Pemuda dan Olahraga itu masuk dalam daftar bakal calon wakil ketua umum.

Zainudin bersaing dengan nama beken lain, selain Tisha ada pula sosok lekat dengan olahraga nasional Azrul Ananda. Ada juga nama-nama Exco PSSI saat ini seperti Hasani Abdulgani dan Hasnuryadi Sulaiman. Sekjen PSSI saat ini Yunus Nusi pun ada dalam daftar calon wakil ketua umum.

Jika melihat daftar calon Exco PSSI, makin banyak nama-nama populer. Kurniawan Dwi Julianto dan Yeyen Tumena adalah dua mantan pemain Timnas Indonesia yang diusung menjadi calon pengurus PSSI.

Orang-orang lama yang pernah berkecimpung di PSSI maupun di level klub seperti Achsanul Qosasi, Beni Erwin, Dizza Rasyid Ali, Djamal Aziz, Gede Widiade, Pieter Tanuri, Tommy Apriantono, hingga Teddy Tjahjono juga muncul.

Selain itu ada pula nama baru yang tak main-main yaitu Raffi Ahmad si ‘Sultan Andara’. Bos RANS Nusantara FC itu masuk menjadi salah satu dari 78 calon Exco PSSI.

Raffi sebelumnya juga terlihat bersama selebritas lain seperti Atta Halilintar dan Baim Wong menemani Erick Thohir mendaftar sebagai calon Ketua Umum PSSI.

Menyusul belakangan, Komite Pemilihan PSSI juga mengumumkan sederet nama baru sebagai bakal calon wakil ketua umum dan komite eksekutif. Dua nama baru yang diumumkan juga pernah mengenakan seragam Timnas Indonesia yakni Bambang Pamungkas dan Ponaryo Astaman.

[Gambas:Video CNN]

(nva/har)






Sumber: www.cnnindonesia.com