Film  

2 Mantan Pilar Timnas Indonesia Bersaing Jadi Anggota Exco PSSI

Dari 78 nama yang terdaftar sebagai bakal calon anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, terdapat dua mantan pemain Timnas Indonesia.

Jakarta, CNN Indonesia

Dari 78 nama yang terdaftar sebagai bakal calon anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, terdapat dua mantan pemain Timnas Indonesia.

PSSI sudah mengumumkan bakal calon ketua umum, wakil ketua umum, dan anggota exco setelah pendaftaran resmi ditutup pada Senin (16/1) 18.00 WIB.

Ada lima orang yang mendaftar sebagai bakal calon ketua umum, kemudian 17 nama mengisi bakal calon wakil ketua umum, dan 78 calon anggota komite eksekutif.

Sederet nama calon penghuni bangku Exco PSSI terdiri dari berbagai macam latar belakang. Ada yang merupakan anggota Exco PSSI saat ini, mantan Exco PSSI pada masa lalu, pemilik klub, pengurus klub, pengusaha, politisi, mantan pembawa acara berita di televisi, hingga selebritas papan atas.

Yang menarik terdapat dua nama yang pernah mengisi daftar susunan pemain Timnas Indonesia pada masa 1990-an. Keduanya merupakan pemain jebolan program PSSI Primavera, yakni Kurniawan Dwi Julianto dan Yeyen Tumena.

Dua rekan seangkatan yang pernah menimba ilmu sepak bola di Italia itu menjadi minoritas di antara sederet nama lain yang belum pernah merasakan membela negara di atas lapangan hijau.

Kurniawan memiliki karier lebih lama di Timnas Indonesia ketimbang Yeyen. Sosok yang memiliki julukan ‘Si Kurus’ itu tampil membela Timnas Indonesia sejak 1995 hingga 2005 dengan 59 caps dan 33 gol. Sementara Yeyen main 14 kali dengan mengenakan seragam Merah Putih.

Setelah gantung sepatu, Kurniawan dan Yeyen sama-sama melanjutkan karier sebagai pelatih. Keduanya juga sempat menjadi komentator dan pengamat sepak bola di stasiun televisi.

Rekam jejak Kurniawan dan Yeyen pun mirip karena pernah dipercaya menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia. Bahkan Yeyen pernah menjadi pelatih caretaker skuad Garuda pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Di luar lapangan hijau Kurniawan sempat masuk menjadi calon Ketua Umum PSSI pada Kongres Luar Biasa PSSI 2016.

[Gambas:Video CNN]

(nva/nva)






Sumber: www.cnnindonesia.com